Takkan Ada Yang Tahu

Kapan berakhir pandemi Corona Virus Disease 19 ? takkan ada yang bisa memprediksi. Selama masih tak ada kesadaran untuk mengikuti aturan yang telah ditetapkan. Disiplin kunci dari pandemi ini, namun gaya hidup dan kebiasaan masyarakat Indonesia pada umumnya menganggap biasa masalah ini.

***

Di awal-awal jalanan di sekitar perumahan tempat tinggalku terasa lenggang bahkan di jalan raya yang biasanya padat merayap kendaraan bermotor begitu lenggang. Abang-abang tukang jualan yang biasanya melewati depan rumah juga tak lewat. Namun hampir satu bulan belakangan ini sepertinya anjuran dan himbauan pemerintah dianggap sambil lalu.

Kegiatan perekonomian berjalan seperti sebelum-sebelumnya. Jalanan tak lagi sepi dan lenggang. Abang-abang jualan juga mulai berdagang kembali. Di satu sisi ikut senang karena pastinya kehidupan mereka telah berjalan normal kembali, namun di sisi yang lain masih banyak pertanyaan di benakku. Sudah berakhirkah masa pandemi ini ? Sudah amankah melakukan kegiatan di luar ?

Namun jika mereka hanya berdiam diri di rumah, takkan juga dapat membantunya secara pribadi dari segi ekonomi. Banyak diantara mereka yang mengandalkan pendapatan harian. Dilema, dihadapkan pada pilihan antara berdiam diri dan bekerja di rumah atau berjualan di jalanan.

***

Akhirnya yang dapat dilakukan adalah berdoa semoga pandemi ini segera berakhir. Hidup harus berlanjut, senantiasa berbaik sangka dengan keadaan yang terjadi di sekitar kita. Tak dapat juga pemerintah melarang warganya keluar rumah tanpa ada solusi dan jaminan dengan keadaan ekonomi mereka. Jadi takkan ada yang tahu kapan pastinya pandemi ini berakhir semoga secepatnya hanya Allah SWT tempat kita berdoa, memohon dan meminta.

Sumber Foto : Koleksi Pribadi

rumahmediagrup/She’scafajar

2 comments

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.