Jangan Mau Diberi Gelar Sang Plagiator

Kalau melihat tulisan orang lain yang keren dan berdaging. Rasanya minder ya alias rendah diri. Dari dulu sering menulis, ya namanya juga hobi. Apalagi yang isinya curhat curahan hati. Lebih seru lagi kalau sudah membahas bucin budak cinta, wah seru deh. Cinta tak terbalaskan, cinta bertepuk sebelah tangan, aku jatuh cinta itu makanan tiap hari di buku diaryku, hehehe jadi teringat masa putih abu-abu. Namun kebiasaan menulis itu, sekarang berpindah ke media sosial kayak facebook atau instagram.

Pernah sih memberanikan untuk menulis artikel tentang tips dan trik. Namun kok khawatir salah ya. Apalagi kalau menulis atau menyalin dari hasil tulisan orang. Tidak apa-apa sebenarnya menulis atau mengutip tulisan orang lain, tapi jangan lupa tong khilap dicantumkan nama penulisnya. Bisa memakai footnote atau catatan kaki, catatan pustaka, daftar pustaka atau bisa yang lainnya. Kalau tidak dicantumkan khawatir dinamakan plagiator. Tahu kamu apa itu plagiator? Buka kamus ya.

Agar aman dan tenteram, gemah ripah loh jinawi. Tulisan harus asli, biar tak berdaging, biar tidak berbobot, tapi kalau itu tulisan sendiri rasanya lain. Lebih baik tulisan kita receh deh daripada berdaging tapi milik orang. Makanya aku lebih senang curhat saja daripada harus menulis artikel. Karena memang lebih asyik membahas hati apalagi jika hati sedang jatuh. Sakit sebenarnya jatuh itu, tapi kalau jatuh cinta itu luar biasa. Oya, kapan ya aku terakhir jatuh cinta? Kamu, kapan terakhir jatuh cinta? Tidak akan bosan kita membahas cinta.

Hingga sekarang, tak pernah bosan membaca cerita bertema cinta, rasanya tetap awet. Awet apa ya? hehehe awet muda, tepatnya jiwa yang muda padahal secara usia ya memang sudah tak muda. Namun dengan membaca cerita atau kisah, kita akan terbawa suasana, dan teringat kembali masa muda dulu. Itu juga, jika pernah muda, hahaha.

Menurutku cinta itu gratis. Loh kok bisa gratis? Yang berbayar itu jika orang yang dicintai tahu, kalau kita mencintainya. Nah baru deh akan berbayar. Bukan berbayar dengan uang saja, hati-hati jika berbayar dengar hati. Siap-siap cinta itu diterima atau ditolak, akan patah jika ditolak, bahagia jika berbalas. Wah cinta lagi deh yang dibahas, benar-benar receh.

Nah teman, di sini aku akan memberikan contoh cara menulis footnote atau catatan kaki. Agar ketika mengutip tulisan orang, dicantumkan siapakah penulisnya, biar aman dari kata plagiat. Ya sesekali kita cantumkan nama pengarang, bukti kita menghargai tulisan si penulis. Di sini aku akan memberikan contoh pengambilan kutipan dari sebuah buku.

Contoh footnote dari data buku yang kita kutip dengan satu nama pengarang

  • Nama pengarang: Yustinah
  • Judul buku: Produktif Berbahasa Indonesia untuk SMK/MAK Kelas XI
  • Kota: Jakarta
  • Penerbit: Erlangga
  • Tahun: 2017
  • Halaman: 60-61

Nah, sekarang kita buat contoh penulisan footnotenya ya.

Susunan data/sumber buku di atas sudah berurutan, mari kita susun menjadi footnote atau cacatan kaki.

  1. Tuliskan nama pengarang, diawali dengan huruf kapital diakhiri dengan tanda koma (,)
  2. Judul buku, setiap awal kata menggunakan huruf kapital kecuali preposisi (kata depan) atau konjungsi (kata penghubung). Jangan lupa tulisan judul buku dimiringkan ya.
  3. Penulisan kata kota, penerbit, dan tahun ditulis menggunakan tanda kurung (…) dan diakhiri tanda koma (,)
  4. Penulisan halaman boleh disingkat dengan hlm. singkatan halaman diakhiri tanda titik ya. lalu tuliskan angka halamannya.

Mari kita tulis footnote atau catatan kaki pada data di atas.

Yustinah, Produktif Berbahasa Indonesia untuk SMK/MAK Kelas XI (Jakarta: Erlangga, 2017), hlm. 60-61

Cukup dulu ya, masih ada lagi loh cara penulisan footnote dengan dua, tiga, empat pengarang, dan seterusnya. Bagaimana jika antologi? yang pengarangnya banyak? Lalu bagaimana cara penulisan catatan pustaka dan daftar pustaka? hehehe nantikan tayangan tulisan selanjutnya ya.

Mohon dimaafkan, hampunten ya jika ada kekeliruan dalam penulisannya.

Wallahu alam Bishowab

rumahmediagrup/suratmisupriyadi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.