Lebaran, Silaturahim atau silaturahmi

::Lebaran, Silaturahim Atau Silaturahmi?::

Hari Raya adalah momen yang selalu dirayakan oleh semua orang. Ya, semua orang, karena bukan hanya umat Islam yang ikut bahagia tetapi juga mereka saudara kita di luar Islam. Saat Ramadan dan hari Raya datang, mereka ikut bersukacita.

Berkah Ramadan pun bukan hanya tercurah kepada kita umat muslim, tetapi semua orang apapun agamanya ikut merasakan keberlimpahan berkah Ramadan. Sukacita hari Raya berbagi kebahagiaan adalah milik semua umat seluruh alam.

Biasanya, hari raya itu identik dengan saling beranjangsana. Mendatangi kerabat dekat dan jauh. Karena hanya di momen lebaran semua orang bisa berkumpul. Terutama mendatangi orangtua. Istilahnya silaturrahim.

Yup, silaturahim! Eh tetapi ada juga lho yang menyebutnya dengan silaturahmi. Apa sih perbedaan dua kata itu. Sekilas berbunyi mirip, karena memang dari akar kata yang sama.

Silaturahim dan silaturahmi berasal dari bahasa arab yaitu “Sillah Ar-Rahim” (Shillah), artinya hubungan atau tali, kemudian Ar-Rahim adalah rahim. Jika disambungkan menjadi hubungan Rahim. Jadi, kata silaturahim memiliki makna yang erat kaitannya dengan hubungan kekeluargaan yang memilki hubungan darah atau satu rahim. Seperti Ayah, Ibu, Kakek, Nenek, Adik, Kakak, dan lainnya.

Sementara kata Ar-Rahm/Rahm (dalam Bahasa Indonesia dibaca Rahmi) memiliki arti kasih sayang. Jadi Silaturahmi memiliki arti kasih sayang terhadap sesama dalam rangka menyambung kekerabatan.

Nah, sampai di sini sudah bisa dimengerti bukan?

Silaturahim atau silaturahmi, keduanya bisa digunakan. Silaturahim kepada kerabat dekat yangbada hubungan darah, sedang silaturahmi kepada teman sejawat. Kedua kata tersebut tak perlu diperdebatkan lagi. Sedang menurut KBBI, bentuk bakunya adalah silaturahmi.

Yuk, kita tetap saling bersilaturahmi satu sama lain di momen hari raya ini. Meski hanya lewat layar dan seuntai kata, sempatkan sambung salam dan doa. Semoga badai yang menerpa negeri ini segera berlalu.

Wallahu a’lam.

rumahmediagroup//afafaulia18


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.