Mencipta tidak Sulit

Berdasarkan SE Libur Semester Genap pada masa Pandemi Covid-19, Dinas Pendidikan kabupaten Lumajang Drs. Agus Salim, M.Pd. no 420/3688/427.41/2020, bahwa dalam rangka mengembangkan dan mengasah kreativitas siswa dalam masa libur dihimbau Guru menugaskan kepada siswa untuk membuat karya misalnya menulis buku, membuat cerpen dan membuat karya yang lain sesuai dengan tingkat kelas dan mata pelajaran, SD Negeri Jogoyudan 2 mencoba menerapkan hal ini kepada para guru. Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan guru wajib mampu berkarya sebelum memberikan perintah kepada anak didiknya untuk mencipta sebuah karya.

Ketika ada perintah untuk kerja membuat jadwal kerja di rumah dan kerja di sekolah, maka SD Negeri jogoyudan 2 memanfaatkan momen ini ini dengan baik. Dimulai dengan rapat bersama yang tentu dengan menjaga protokoler kesehatan jaga jarak, pakai masker, cuci tangan dan melindungi dengan hand sanitizer.

Guru diajak menjadi tauladan
Pendidikan yang paling afdhol adalah tauladan. Siswa adalah anak-anak yang yang ahli dalam meniru. Tentu yang didirikan adalah orang-orang yang ada di sekitarnya terutama orang-orang dewasa yang lebih banyak menjadi pengasuh pendidik dan pelatih. Ini adalah kondisi yang menguntungkan bagi seorang pendidik Untuk memanfaatkan dengan sebaik-baiknya dalam menyisipkan muatan pendidikan ketika berkomunikasi dengan anak.

Guru diajak untuk menginspirasi
Bagaimana cara agar guru bisa menjadi pusat inspirasi bagi siswa? Apakah ini sempat ada dalam pikiran anda?
Atau pikiran ini ada tetapi anda tidak tahu bagaimana caranya?
Anak-anak adalah sebuah pribadi yang belajar dari hal yang bisa dilihat. Jika orang yang ada di hadapannya (guru) memberikan contoh tauladan “berkarya”. Tentu mereka akan berkarya juga. Meski di tahap awal karya mereka tidak jauh terlepas dari pengaruh karya gurunya.

Guru diajak mencipta.
Gaungkan potensi diri dihadapan siswa. Guru adalah sosok yang wajib untuk bisa dikagumi. Guru wajib memulai dengan memotivasi diri untuk bangkit dan segera memulai mencipta sebuah karya, agar kekaguman siswa diawali tertuju kepadanya.

Hasil karya guru dalam 20 menit

Tidak sulit setelah ini bisa dilalui dan tidaklah sulit untuk mengajak peserta didik mengisi masa liburan Pandemi Covid-19 dengan menulis buku yang di dalamnya bisa berisi si sebuah karya yang memberikan keleluasaan bagi anak untuk mencipta karya fiksi bisa cerpen, puisi cergam, maupun komik, karena telah memberikan inspirasi dan tauladan.

Selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.