“Lebaran Lagi” (Puasa Sunah di Bulan Syawal)

“Lebaran Lagi” (Puasa Sunah di Bulan Syawal)

“Umi, masak mewah. Lebaran lagi, ya?” tanya Kayyisha kepada Uminya.

“He, he, … Kayyisha. Kan kita baru selesai puasa sunah enam hari di bulan Syawal, jadi sekali-kali masak enak,” jawab Umi kepada Kayyisha.

“Oh, iya kita kan puasa lagi enam hari. Aku jadi paham, hari ini kita sudah melaluinya,” lanjut Kayyisha.

Petikan dialog di atas merupakan pembelajaran berharga bagi anak-anak. Para orang tua jangan melewatkan momen seperti ini untuk menanamkan konsep berdasarkan peristiwa nyata.

Kayyisha terkejut melihat hidangan mewah layaknya hidangan lebaran. Ibunya menjelaskan bahwa hal tersebut sebagai rasa syukur telah melaksanakan puasa sunah enam hari di bulan Syawal. Pembelajaran berharga di sini bahwa ada ibadah sunah yaitu puasa enam hari di bulan Syawal. Puasa ini boleh dilaksanakan mulai hari kedua Syawal.

“Barangsiapa berpuasa enam hari di bulan Syawal setelah Idulfitri, maka ia telah menyempurnakan puasa setahun penuh. Karena siapa saja yang melakukan kebaikan, maka akan dibalas sepuluh kebaikan semisal.” (H.R. Ibnu Majah no. 1715. Al-Hafiz Abu Thohir mengatakan bahwa hadis ini sahih.)

Puasa enam hari di bulan Syawal hukumnya sunah muakkad. Sunah terbagi dua, muakkad dan ghairu. Sunah muakkad adalah perbuatan sunah yang sangat dianjurkan untuk dilakukan.

Betapa besar pahala yang diperoleh umat Islam bagi yang melaksanakan puasa sunah ini. Suasana di awal Syawal masih terbawa suasana Ramadan. Jangan disia-siakan kesempatan untuk berpuasa.

Sebulan dilatih selama Ramadan akan membuat kita terbiasa bangun sahur dan puasa di siang hari. Berakhirnya Ramadan bukan berarti berakhirnya aktivitas berpuasa. Jangan pula, datangnya Syawal sebagai balas dendam untuk menikmati segala makanan di siang hari. Namun ujian baru dimulai apakah kita bertambah takwa setelah Ramadan.

Rumahmediagrup/saifulamri

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.