Mengajar Itu Sesuatu

Sumber gambar : dokumentasi pribadi

Mengajar Itu Sesuatu

Setidaknya selama kita sekolah, kita selalu diajari. Karena pola diajari ini terlalu lama, mungkin bisa jadi pola ini akan membentuk kebiasaan tertentu. Misalnya  lebih suka mendengarkan daripada berpendapat, lebih suka diterangkan daripada berdiskusi dan ikut menerangkan pada materi tertentu. Padahal, bukankah setiap orang mampu mengajari dirinya dan mengajari orang lain?

Hanya saja dibutuhkan keberanian melepas kebiasaan yang ada. Dibutuhkan pemahaman bahwa setiap orang mampu menjadi guru bagi dirinya sendiri maupun orang lain. Jadi, jika kalian bagian dari masyarakat pembelajar kategori dewasa, maka sesungguhnya kalian mampu menjadi guru di tiap materi yang dipelajari. Syaratnya adalah akurat dalam membaca, memetakan fakta menjadi pengetahuan, dan memiliki ide untuk menjelaskan. Dosen hanya sebagai fasilitator saja.

Jadi, semua pembelajar dewasa bisa menjadi guru, asal tidak membohongi kemampuannya sendiri. Sedikit-sedikit bilang nggak tahu, lalu menyerah dan justru banyak bertanya tanpa memahami isinya terlebih dahulu. Contohnya, saat seseorang mempelajari materi tertentu, bertanya pada dirinya sendiri melalui “peta” cara berpikir yang ia buat. Hal ini untuk memudahkan pemahaman.

Lalu, apa motivasinya agar bisa menjadi guru bagi diri sendiri dan sekitar? Agar ilmu kita tidak mengkristal, atau menguap begitu saja. Ini berarti bahwa apa-apa yang kita pelajari jika kita terangkan pada diri sendiri atau orang lain, maka ilmu itu akan semakin melekat dalam benak kita. Metode paling efektif untuk mengikat ilmu adalah mengajarkannya. Kedua, mencari kemulyaan di mata Allah. Bukankah belajar itu mulia? Apalagi mengajarkannya pada orang lain. Insha Allah…

Kesukarelaan untuk belajar, ikhlas dalam menjelaskan menjadi hal penting dalam mengajar. Walau kita bukan seorang guru, kita bisa saja mengajarkan apa saja kepada sesama. Apalagi kelas pembelajaran orang dewasa. Tidak lagi banyak membutuhkan banyak diajari, namun saling belajar dan mengajari. Jadi, belajarlah banyak hal dan ajarkan…..

rumahmediagrup/Anita Kristina

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.