Rumedia Bak Cabang Beranting

Latihan menulis Rumedia sungguh telah membuka lebar-lebar khazanah kepenulisan untuk diisi dengan materi-materi baru yang berbeda dengan yang mereka tulis dalam website. Grup WhatsApp yang telah dibuatnya dengan ratusan anggota, dipersilakan untuk upload kontennya yang telah ditulis di website Rumedia. Tidak hanya karya Rumedia saja yang boleh diupload di WAG, tetapi dari luar Rumedia juga dipersilahkan untuk upload di dalam grup ini.

Imbasnya, ini menyebabkan anggota grup menjadi banyak wawasan, karena telah membaca konten dari teman-temannya.

Artikel yang mereka buat dengan tema yang sama bagi pembaca akan melahirkan cabang-cabang baru untuk ditulis dari sudut yang baru pula. Ibarat cabang yang tumbuh pada sebuah pohon, maka akan tumbuh cabang baru dan lahir ranting baru demikian selanjutnya.

Maka tidaklah fair, jika seorang penulis melakukan COPAS terhadap karya orang lain. Entah copas ini karena dia malas ataukah karena penyakit atau mungkin pula awam terhadap peraturan mungkin pulang tidak mengerti bahwa kata kunci akan secara mudah dideteksi melalui dunia Googling.

Sebenarnya mereka tidak perlu melakukan copas. Penulis bisa mengembangkan dari sisi-sisi yang lain. Sudah pasti tulisan yang telah dibuat tidak terlalu luas. Ada banyak sisi yang tidak mungkin mereka bahas, mengingat ruang yang terlalu sempit.

Kemudian bagaimana caranya untuk membuka kemungkinan menulis dari sisi yang berbeda?

Secara intuitif sebenarnya pembaca bisa merasakan di beberapa titik ketika membaca naskah seseorang. Tiap pembaca akan menemukan hal itu. Kapan? Yaitu ketika tiba-tiba muncul pertanyaan saat membaca naskah tersebut. Segeralah berhenti membaca dan tulis pertanyaan yang anda pikirkan itu SEBAGAI RENCANA BAHAN TULISAN. Kemudian tinggalkan catatan itu dan lanjutkan membaca naskah yang anda baca tadi.

Mengapa Anda harus melakukan meneruskan membaca naskah tersebut?
Jawabnya adalah agar pertanyaan yang telah anda catat untuk bahan tulisan tidak Ada kesamaan dengan tulisan tersebut.

Anda akan mendapatkan originalitas karya anda. Bisa diterima kan pendapat ini?

Sungguh sangat disayangkan jika anda melakukan plagiasi terhadap karya orang lain. Otak manusia telah dikaruniai banyak ide, banyak kata untuk dijadikan pembahasan terhadap apa yang kita lihat dihadapan indera kita.

Selamat berkarya!
Selamat membuka ranting-ranting originalitas!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.