Ajaibnya terserah

::Ajaibnya Terserah::

Kata ‘Terserah’ memiliki arti berbuat sesuka hati. Kata ini memang ajaib tergantung dari lidah siapa keluarnya. Maka akan berbeda pula responnya.

Jika kata ‘terserah’ diucapkan oleh anak-anak bisa terdengar seperti sebuah celoteh jenaka. Contoh, “Terserah aku lah mau minum susu atau tidur”. Orang dewasa yang melihatnya akan gemas dan mungkin tertawa.

Berbeda respon saat yang mengucapkan ‘terserah’ adalah seorang ayah, ibu, guru, atau atasan. Baik dengan intonasi tinggi atau datar. Kata terserah bagai sebuah silet yang mengiris pelan.

Seorang ibu biasanya mengucapkan kata terserah saat dirinya sudah lelah dan malas untuk berpanjang kata. Setelah semua perkataannya tak lagi mampu mempengaruhi lawan bicara. Maka ibu akan berkata, “terserah apa maumu, lakukanlah!” Dengan suara yang datar dan pelan.
Namun ajaibnya, ketika kata terserah itu keluar, justru anak bersegera melakukan sesuatu. Tanpa harus dipaksa untuk melakukannya.

Ajaib bukan?!
Disaat orang sudah malas berkata-kata dan berdebat, maka kata terserah cukup mujarab. Meski di dalamnya mengandung unsur emosi, lelah, dan masa bodoh.

So, hal ini bisa ditiru bisa juga tidak. Namun perlu kehati-hatian dalam mengatakannya. Kata terserah bisa menjadi momok bagi sebagian orang. Terkadang bagai simalakama. Pilihan ada di tangan kita, menggunakannya sebagai pamungkas atau sebagai sebuah kata biasa.

Terserah, sakarepmu, sahayangna, up to you, maa syi_tum.

Depok, 05062020

rumahmediagroup//afaf.aulia18

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.