Mengundang Cinta

Mengundang Cinta

Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam At-Tirmidzi disebutkan bahwa Allah dan malaikat-Nya serta semua makhluk di langit dan di bumi mendoakan kebaikan bagi orang yang mengajarkan kebaikan (ilmu agama) kepada manusia.

“Sesungguhnya Allah dan para malaikat serta semua makhluk di langit dan di bumi, sampai semut dalam lubangnya dan ikan (di lautan), benar-benar bershalawat/mendoakan kebaikan bagi orang yang mengajarkan kebaikan (ilmu agama) kepada manusia.” (HR. Tirmidzi no. 2685).   

Hadits tersebut mengisyaratkan tentang perbuatan baik, bahwa kebaikan itu akan mendatangkan kecintaan Allah dan makhluk-Nya. Kebalikannya perilaku kejahatan akan mendatangkan murka Allah dan kebencian makhluk-Nya.

Allah berfirman:

أُو۟لَٰٓئِكَ يَلْعَنُهُمُ ٱللَّهُ وَيَلْعَنُهُمُ ٱللَّٰعِنُونَ

“Mereka itu dilaknati Allah dan dilaknati (pula) oleh semua (makhluk) yang dapat melaknati.” (QS. Al-Baqarah [2]: 159).

Menafsirkan ayat di atas, Mujahid berkata, “Yaitu semua binatang yang melata di muka bumi, kalajengking serta singa. Semuanya tidak mendapat jatah hujan, karena kesalahan Bani Adam.”

Beliau juga berkata, “Sebesar-besar dosa adalah ketika binatang membeberkan kemaksiatan Bani Adam dan berkata, ‘Hujan berhenti gara-gara kemaksiatan yang diperbuat manusia.”

Fudhail bin Iyadl mengungkapkan bahwa atas kelakuan buruk yang dilakukannya, hal itu berpengaruh terhadap perangai unta dan budaknya yang juga bertingkah buruk terhadapnya.

Kita pun dapat mengambil pelajaran dari kisah Mustafa Kemal Ataturk, seorang pemimpin Turki yang meninggal pada tahun 1938 . Pada hari penguburannya, jasad penguasa yang kebijakannya banyak tidak sejalan dengan syariat Islam ini tidak dapat dimasukkan ke liang kubur. Jasadnya pun akhirnya dikubur di celah batu marmer di Antikabir, Turki. Nau’dzubillahi min dzalik.

Semoga Allah memudahkan kita untuk senantiasa melakukan kebaikan demi kebaikan, sehingga menjadi hamba yang Ia cintai dan dicintai oleh makhluk-Nya. Aamiin.

(rumahmediagrup/wahyudinaufath)

Gambar: diarynya-ety.blogspot.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.