Terserah vs Kepedulian

Terserah vs Kepedulian

Hari itu Sabtu, waktu sudah menunjukkan pukul 11. Perut pak Syahrul sudah mulai keroncongan. Sejak pagi ia berkutat di ruang perpustakaan.

Ini minggu terakhir waktunya pengembalian buku yang dipinjam para siswa. Kelas 9 akan lulus dan meninggalkan sekolah. Walaupun masih masa Pemberlakuan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar), pak Syahrul harus membuat jadwal pengembalian.

Jadwal diatur dalam beberapa hari. Setiap hari diatur waktu sesuai kelas. Sehingga tidak menimbulkan kerumunan. Mereka diwajibkan memakai masker dan menjaga jarak. Air dan sabun untuk cuci tangan juga disiapkan.

Pekerjaan pak Syahrul dibantu seorang staf pelayanan, yaitu Mas Jojo dan beberapa siswa Kelas 9 yang menjadi anggota pecinta perpustakaan. Semua berjalan lancar, mereka masih menunggu beberapa siswa yang sudah konfirmasi masih di jalan menuju perpustakaan.

Hari itu pak Syahrul lupa tidak membawa uang. Biasanya ia membelikan minuman dan jajan untuk yang bertugas. Bersyukur staf TU, Mas Jojo meminjamkan uang untuk membeli minuman.

Pak Syahrul menyuruh siswa yang membantu untuk pulang. Tinggallah mereka berdua melanjutkan laporan kegiatan. Perutnya makin tak kompromi. Lapar tak tahan.

Tak lama datang, wakasek ke perpustakaan. Ia meminta pak Syahrul dan Mas Jojo ikut kepala sekolah ke warung makan. “Alhamdulillah rezeki selalu datang dari arah tak terduga,” ucapnya.

Inikah balasan kepedulian mereka terhadap perpustakaan. Kepedulian terhadap aset sekolah. Peduli terhadap siswa. Di saat sebagian guru bekerja dari rumah, mereka harus melayani dan berkutat dengan buku-buku di perpustakaan.

Mereka abaikan sifat perilaku terserah namun dengan menunjukkan kepedulian. Tuhan Mahatahu apa yang dilakukan umat-Nya. Jalankan kewajiban dengan ikhlas karena Allah Swt, bukan karena hal-hal lain.

Rumahmediagrup/saifulamri

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.