Akhir dari Sebuah Doa

Pernah kusampaikan kekecewaan ini kepada Tuhan. Kekecewaan ini bukan yang pertama. Suamiku selalu pulang malam. Siang hari tidak bertemu. Dia bekerja pulang pukul 16.00. Itupun sampai di rumah sudah setengah lima bahkan sampai jam 5 sore. Setelah mandi sudah masuk waktu maghrib, shalat dan menghilang dan baru terlihat lagi malam hari.

Berkali-kali aku minta agar dia berpamitan keluar rumah. Namun itu tidak dilakukan. Bahkan dia keluar rumah selalu pada saat jam-jam aku salat maghrib dan belum selesai, dia sudah tidak ada di rumah. Kemarahan ini kusimpan setiap hari. Tidak mungkin kusampaikan pada saat pertemuan yang hanya bisa kunikmati lebih kurang 30 menit dalam sehari, karena pada malam hari dia datang ketika aku sudah dalam keadaan tidur. Bangun tidur pun tidak ada waktu untuk bisa berbincang karena dia bangun mandi ganti baju sarapan pagi dan berangkat. Aku ingin sebenarnya duduk-duduk santai ngobrol tentang sesuatu tentang nikmatnya kehidupan atau perencanaan kami untuk keluarga di masa depan.

Malam ini ini pukul 01.00. Aku mencoba untuk meminta kepada Allah yang kesekian puluh, ratus ataukah ribu kali. Air mata ini mengucur deras bersamaan dengan meluncurnya permohonan. Kenapa Allah tidak mengabulkan doaku. Kusampaikan dengan perasaan kecewa yang terpendam berulang-ulang kepada Allah. Aku merasa heran juga kenapa Allah tidak mengabulkan doaku ini. Yang lebih mengherankan lagi aku masih percaya bahwa Allah akan mengabulkan doa umatnya. Maka aku berdoa dengan doa yang sama. Selesai berdoa kulangkahkan kaki menuju ruang tengah. Pada saat aku menapakkan kakiku sampai di pintu pembatas, tiba-tiba terdengar suara pintu dibuka. Suamiku pulang. Seketika itu pula aku kembali kamu salah dan sujud kepada Allah untuk memohon pengampunan atas suudzon yang lagu kulakukan. Aku lanjutkan melakukan sujud syukur Allah ternyata benar-benar sayang kepada umat Nya.

Asparaga, 15042020

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.