Tak Ada Perjuangan tanpa Pengorbanan

Perjuangan merupakan salah satu upaya atau usaha untuk mencapai tujuan. Ada berbagai cara orang untuk berjuang. Bentuk perjuangan di sini bukan hanya terbatas pada bentuk peperangan melawan musuh atau penjajah. Tetapi lebih kepada bentuk perjuangan dalam arti luas. Ada perjuangan mempertahankan hidup, perjuangan mencapai asa, atau perjuangan-perjuangan lainnya.

Adakah perjuangan tanpa pengorbanan? Saya rasa tak ada perjuangan tanpa pengorbanan. Ketika kita berjuang selalu tak pernah lepas dari pengorbanan. Perjuangan merupakan bukti bahwa kita merasakan arti kesukaran dan kesusahan dalam mencapai tujuan.

Ketika berharap suatu kesuksesan, tentu saja butuh perjuangan yang keras untuk meraihnya. Sebagai contoh seseorang yang sekarang sukses menjadi guru, dokter, pengusaha, atau menjadi apa pun, pasti di balik kesuksesannya itu butuh perjuangan dan pengorbanan untuk meraihnya. Baik secara materi maupun pengorbanan nonmateri.

Ada contoh lain yang menunjukkan bahwa perjuangan itu butuh pengorbanan. Seperti yang sedang kita alami saat ini di masa pandemi. Saat semua orang harus “stay at home” atau tinggal di rumah namun pembelajaran di sekolah harus tetap berjalan. Maka pemerintah pun menggulirkan pembelajaran secara daring. Baik siswa atau gurunya butuh perjuangan dan pengorbanan agar kegiatan bisa terlaksana. Bagaimana caranya siswa yang ada di daerah agar bisa terhubung dengan gurunya padahal koneksi internet di daerahnya kurang memadai. Maka ada beberapa orang guru yang rela mengorbankan waktu dan tenaganya untuk berkunjung ke rumah siswanya yang jaraknya berjauhan. Ada juga siswa yang harus mengorbankan uang sakunya untuk beli kuota internet. Atau ada juga beberapa orang yang harus berjuang mengorbankan hartanya untuk bisa bertahan hidup di saat situasi sulit seperti ini. Semua itu menunjukkan bahwa tak ada perjuangan yang tanpa pengorbanan. Hidup memanglah perjuangan yang menuntut pengorbanan.

rumediagrup/imassusilayanti

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.