Repotnya  Pelaksanaan dan Penilaian PAT Online di Sekolahku

Repotnya  Pelaksanaan dan Penilaian PAT Online di Sekolahku

Masih belum berakhir masa WFH buat guru dan LFH buat siswa atau pembelajaran jarak jauh (PJJ) akibat masih belum ada kejelasan kapan masuk sekolah karena kekhawatiran pandemi yang juga masih enggan pergi. Pimpinan sekolah kami menginstruksikan penyelenggaraan PAT (penilaian akhir tahun) yang harus secara online juga.

Dimungkinkan sudah ada pengalaman guru-guru kelas 12 berhasil melaksanakan USP online di akhir bulan April lalu, maka Kepsek dan jajaran Wakasek kami tak terlalu mengkhawatirkan kesiapan guru-guru dan siswa kelas 10 dan kelas 11, dan ini sebetulnya satu hal yang dianggap mereka mungkin gampanglah nanti, tapi berakibat runyam di hari pertama pelaksanaan ujian, bahkan sampai selesai ujian pun masih cukup ramai kami perbincangkan.

Kebetulan hari pertama PAT adalah mata pelajaran bahasa Inggris jam kedua. Sudah seminggu sebelumnya kepada peserta didik sudah kusampaikan penjelasan di grup WA siswa, (tempat belajar daring kami selain google classroom dan google form), tentang cara mereka log in  dan menggunakan username password khusus latihan ujian (try out)  di domain utama dan subdomain ujian sekolah kami.

Anak-anak aneka rupa keluhannya, banyak yang mengirim pesan WApri kalau mereka merasa ruwet, tidak bisa ketemu domainnya,  tidak sanggup memahami petunjuk, sudah kebuka domain ujian tapi tidak bisa menemukan  dimana soal-soal ujiannya.
Sungguh aneka keluhan yang hanya bisa kubaca dengan getir, mengerutkan dahi jadi tambah melipat-lipat, sampai muka ini jadi tambah jelek, haha…

Ketika kujawab satu persatu dengan hanya mengcopy paste jawaban ke beberapa WApri mereka, *kenapa tidak lebih awal belajar login dan mengerjakan  latihan soal yang ada di beranda link ujian?*. 

Jawaban mereka yang aneka rupa ternyata intinya pada masalah yang sama, yaitu mereka tidak terlalu siap dengan terus-terusan online karena keterbatasan dana membeli paket kuota, yang walaupun ada bantuan sedikit pulsa dari BOS untuk mereka, tetapi rupanya tidak mencukupi kebutuhan mereka, ada yang sama sekali dilarang orang tuanya keluar membeli kuota karena khawatir tertular virus Covid19, dan sekian masalah lainnya.

10 hari berlalu, PAT selesai dilaksanakan, grup WA guru makin ramai dengan keluhan-keluhan sekian guru mapel yang mengeluhkan sekian jumlah anak-anak tidak ikut belajar daring sebelum PAT, sampai  tidak juga ikut PAT online, ditunggu PAT  susulan offline nya melalui grup WA siswa pun, tidak segera mengumpulkan hasil / jawaban.

Dengan sekian banyak pertimbangan menjadikan grup WA guru tambah seru ramai menyampaikan pendapat untuk mencari solusi terbaik buat peserta didik yang bermasalah karena ketidak mampuan online, dengan aneka latar belakang faktor penyebabnya; dari kurang mampu membeli paket internet, lupa himbauan dengan alasan tidak sempat baca di grup, sampai yang memang malas sejati dari lahir mungkin. 

Satu hal yang kami patut tetap bersyukur adalah peserta didik yang bermasalah dalam belajar  dan PAT daringnya, akhirnya sudah bisa kami himbau untuk datang ke sekolah secara bergantian. Jam kedatangannya dibuat berbeda supaya menghindari kerumunan dan tetap menerapkan protokol kesehatan dengan memakai masker pelindung dan sekolah menyediakan fasilitas hand sanitizer guna mencegah penyebaran virus, mereka mengambil soal-soal ujian di sekolah dan dikerjakan di rumah untuk kemudian segera menyerahkan kembali dg cara online ataupun datang lagi ke sekolah.

Akhirnya keputusan penilaian dikembalikan ke nurani guru mapel masing-masing. Dengan pertimbangan terbaik menurut kami dan adanya kondisi WFH – LFH yang memang tidak bisa maksimal peserta didik memahami apa yang kami berikan, kami tetap berikan penilaian akhirnya walau mungkin dari sisi peserta didik yang rajin dan tekun agak kurang fair jadinya, sedih kalau sudah sampai memikirkan hal ini.

rumahmediagrup/isnasukainr 

2 comments

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.