Stay At Home with Ecobrick

Stay At Home with Ecobrick

[Ibu-ibu, silakan kumpul di balai RT. Hari ini kita meluangkan waktu untuk membuat ecobrick. Jangan lupa membawa botol air mineral bekas ukuran 60 ml dan sampah kantung plastik.]

Demikian isi whatsapp dari ketua PKK siang itu.

Kata ecobrick masih awam bagiku. Untuk menghilangkan rasa penasaran, aku pun segera menuju ke balai RT. Kebetulan, aku perlu refreshing setelah beberapa jam berada di depan layar komputer. Berbekal beberapa botol air mineral kosong dan kantung plastik, aku segera menuju ke balai RT. Di sana telah berkumpul beberapa ibu-ibu.

Ecobrick, apa itu ecobrick?

Ecobrick adalah teknik mengolah sampah plastik menjadi sebuah benda yang bermanfaat. Kegiatan ini dapat mengurangi menumpuknya sampah plastik. Seperti yang kita ketahui, hampir semua sampah plastik tidak bisa diuraikan oleh mikroorganisme sehingga akan mengotori bumi hingga ratusan tahun ke depan. Bayangkan, bagaimana nasib bumi jika di mana-mana menumpuk sampah plastik!

Aku duduk memperhatikan ibu-ibu yang telah lebih dahulu datang. Ternyata, cara membuat ecobrick cukup mudah, yaitu limbah kantung plastik yang sudah bersih dimasukkan ke dalam botol plastik dengan cara didorong-dorong dengan menggunakan tongkat atau kayu yang tidak tajam hingga mengisi penuh ruang botol.

Maka, dengan kekuatan penuh, aku pun mendorong-dorong plastik-plastik itu agar padat di dalam botol. Paling tidak 1 botol kemasan sedang (600 ml) beserta plastik di dalamnya memiliki berat 2 ons.

Ternyata, tak mudah untuk mencapai 2 ons itu, lo. Setelah beberapa kali ditimbang, botolku masih kurang juga timbangannya. Bikin frustasi hahaha …. Salut untuk emak-emak pejuang lingkungan yang sangat bersemangat dalam mengurangi limbah plastik ini.

Plastik didorong masuk ke dalam botol menggunakan kayu
Foto: winda’s collections
Salah satu manfaat ecobrick
Foto: winda’s collections

Oh ya, untuk plastik yang ukurannya besar bisa kita gunting menjadi potongan-potongan yang kecil terlebih dahulu sebelum dimasukkan ke dalam botol.

Nah, botol plastik yang sudah padat tersebut tinggal dirangkai menjadi seperti yang diinginkan seperti dibuat pagar, tembok, kursi, gapura, meja, dan lain-lain. Mudah, ‘kan?

***

rumahmediagrup//windadamayantirengganis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.