Cara Membaca Cepat, Nyaman, Bermanfaat

Iqra! Bacalah!

Permulaan ayat dari Qur’an Surat Al-‘Alaq ini merupakan perintah pertama dan utama yang diwahyukan Allah pada sang kekasih, Rasulullah Muhammad Shalallaahu ‘Alaihi Wasallam.

Bismi rabbikalladzii khalaq. Dengan (menyebut) nama Tuhanmu yang menciptakan.

Ayat ini saya pahami mengandung arti sebaiknya manusia membaca bacaan yang diridai-Nya. Bacaan yang membawa kebaikan, membawa manfaat. Menghindari bacaan yang menjerumuskan pada kemaksiatan.

Tak sembarangan perintah ini turun di awal, mengingat banyaknya manfaat yang diperoleh dari aktivitas membaca. Paling tidak, inilah beberapa manfaat dari membaca; dapat mengasah empati, meredakan stres, melatih konsentrasi, dapat terhindar dari Alzheimer, dan meningkatkan kualitas tidur.

Demi mendapat manfaat maksimal, ada beberapa hal yang harus menjadi perhatian ketika akan membaca. Hal- hal yang bisa dilakukan agar nyaman selama membaca:

1. Membaca di tempat kondusif, yaitu tempat yang nyaman, bersuasana tenang. Tempat yang membuat Anda bisa fokus membaca dan memahami isi tulisan.

  1. Arahkan mata pada kata-kata. Pandu mata menggunakan ujung pensil, ujung pena, atau ujung lidi. Ini tip untuk Anda yang mudah pecah konsentrasinya.
  2. Jangan bergumam, selain bisa mengacaukan makna, gumaman ini berpotensi mengganggu orang lain di sekitar Anda.
  3. Posisi tubuh sangat berpengaruh. Bandingkan, berapa lama daya tahan Anda membaca dengan posisi duduk tegak dan jarak mata ke buku 30 cm atau sambil rebahan dengan jarak mata ke buku tak sampai 30 cm.
    Tentu duduk tegak membuat Anda tahan membaca lebih lama dan lebih mudah paham. Tak salah pemeo yang satu ini: posisi menentukan prestasi.

Setelah mendapatkan tempat dan posisi yang tepat, tak peduli seberapa banyak waktu yang Anda miliki, Anda tentu ingin bisa membaca dengan lebih cepat. Apalagi bila waktu yang Anda miliki sangat terbatas, tentu kebutuhan membaca cepat terasa sangat penting. Untuk itu, Anda akan lebih terarah bila sebelumnya:

1. Pasang target, yaitu mau baca berapa halaman dalam waktu sekian menit.

  1. Preview buku yang akan dibaca, jadi pikiran tak akan terlalu kosong. Anda sudah tahu apa yang Anda cari di buku tersebut.
  2. Pasang timer, agar Anda tak kebablasan. Buku menarik terkadang sangat sulit untuk ditinggalkan.
  3. Pasang marker, sebagai penanda pada bacaan atau pada kalimat penting yang Anda butuhkan.

Kini, ketika buku sudah di tangan, Anda pun sudah siap lahir batin untuk membaca, saatnya untuk:

  1. Scanning, bacalah daftar isi, abstraksi, kesimpulan akhir, ringkasan, tabel-tabel untuk mengetahui garis besar isi buku.
  2. Skimming, yaitu membaca bagian awal setiap bab hingga bertemu hal yang Anda cari dalam buku itu.
  3. Membaca kalimat topik. Cara ini sangat berguna bila Anda menemukan tulisan padat atau Anda masih asing dengan konten tulisan. Bacalah kalimat inti dari tiap paragraf. Biasanya ada di awak atau akhir paragraf.
  4. Baca secara detil. Setelah melewati tiga tahap di atas, barulah Anda baca lebih detil.
  5. Bacalah untuk meningkatkan kemampuan menulis. Setelah membaca, mungkin Anda tertarik untuk menulis tentang apa yang Anda cari tersebut. Nah, tingkatkanlah kemampuan menulis Anda dengan memperhatikan struktur dan teknik yang digunakan dalam bacaan Anda.

Perhatikanlah struktur keseluruhan bacaan tersebut, struktur dan panjang paragraf, konstruksi argumen penulis, penggunaan bukti-bukti untuk penulisan, analisis literaturnya, transisi serta diskursus penulisan (hubungan antara tulisan satu dengan lainnya, serta alur (flow) tulisan tersebut), serta penggunaan bahasa dan gaya tulisan buku tersebut.

Nah, semoga tip di atas dapat membantu Anda membaca dengan nyaman, cepat, bermanfaat. Makin rajin dan tekun Anda membaca, makin banyak kosa kata yang dipelajari, makin banyak pula ilmu yang bisa dibagi.

rumahmediagrup/fifialfida

gambar: Eli Francis/Unsplash

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.