Bersuci bag. 2

::Bab Bersuci::
Bag. 2

•>Tentang Kulit Bangkai
Adapun kulit bangkai bisa menjadi suci dengan disamak, kecuali kulit anjing dan babi. Dan hewan yang lahir dari keduanya atau dari salah satunya, semuanya tidak bisa menjadi suci.

Samak merupakan salah satu metode yang dilakukan untuk mensucikan kulit hewan yang telah disembelih atau mati karena hal lainnya. Cara menyamak ada tiga tahap, pertama menghilangkan najisnya, kedua mengharumkan kulit, ketiga memastikan kulit yg disamak tidak rusak jika direndam air dengan dibersihkan najis, darah, dan lemak-lemak atau daging yang menempel pada kulit hewan atau pori-porinya. Setelah itu dikeringkan dengan cara dijemur di panas matahari.

•>Tentang Wadah Emas dan Perak

Tidak diperbolehkan untuk kita menggunakan wadah/bejana dari emas dan perak. Diperbolehkan menggunakan selain dari keduanya.

Emas dan perak diperbolehkan sebagai benda yang bukan untuk penggunaan sehari-hari. Seperti untuk makan dan minum. Namun dibolehkan jika dijadikan hiasan pelengkap rumah.
Hal ini tidak diperbolehkan karena adanya larangan dan mengandung unsur kesombongan, kecuali dalam keadaan terdesak misalnya ketika mendapatkan rekomendasi dari dokter bahwa penglihatan matanya tidak akan jelas kecuali dengan pengoles celak mata dari emas dan perak, maka hukumnya boleh.

Diperbolehkan menggunakan bejana yang terbuat dari material yang berharga selain emas dan perak seperti permata yaqut karena tidak adanya larangan juga dirasa tidak berlebihan dan tidak menampakkan kesombongan karena hanya orang tertentu saja yang mengetahui barang mahal tersebut namun hukumnya makruh menggunakannya.

Wallahu a’lam

Sumber: kitab matan Ghoyah wa Taqrib

rumahmediagroup//afaf.aulia18

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.