KS Kecamatan Lumajang Ngonthel Part-1

Bersepeda adalah merupakan olahraga yang menyenangkan, sederhana, ringan sekaligus sehat. Benarkah pernyataan ini terjadi dalam kehidupan? Bagi mereka yang telah merasakan, yakin akan mengatakan ya. Bagi mereka yang belum pernah, mari simak sisi-sisi bagaimana mereka mengalami hal ini.

Di masa pandemi ini, kegiatan berkumpul menjadi vakum. Protokoler kesehatan wajib diterapkan untuk memutus penyebaran virus Covid-19. Namun seluruh warga diwajibkan untuk meningkatkan imun tubuh, agar tidak terserang virus Corona. Salah satu caranya adalah dengan berolahraga. Olahraga termurah ringan dan sederhana adalah lari, jalan santai dan bersepeda.

Para kepala sekolah SD kecamatan Lumajang berikut ini, mengambil kesepakatan untuk meningkatkan imun tubuh dengan cara bersepeda. Bersepeda ibarat peribahasa, “sekali dayung dua tiga pulau terlampaui” sehat dan bahagia.

Istirahat di separuh jalan

Bersepeda, bagi para kepala sekolah SD di kecamatan Lumajang ini merupakan kegiatan yang pertama kali. Di mulai oleh 10 peserta dengan motor penggeraknya adalah sekretaris K3S, bpk M. Yusuf dan pemantiknya adalah KS SDN Citrodiwangsan 01 bpk. Sa’dullah yang telah berpengalaman di bidang bersepeda. Bersepeda bagi bpk Sa’dullah bukan sekedar olahraga, beliau kembangkan menjadi meningkatkan hubungan penghobi. Ibu Ely Supatmi KS SDN Boreng 1 tak ketinggalan, bahkan karena lama tak bersepeda beliau berlatih dulu sebelumnya. Demikian juga ibu Farida SDN Kepuharjo 1, yang biasanya nge-gym sekarang bergabung di sini, ibu Nurilatih KS SDN Jogoyudan 02 yang tak pernah ikut bersepeda tak ketinggalan. Kalau yang ini inspirasi untuk bahan tulisan, seperti yang Anda baca kali ini. Ust Rohmad dari SD Kreatif M. Hem… ngaceni -mendahului, ust Hadi KS SD Jend Sudirman haha… hampir ditinggal masih memenuhi tugas buat yang tersayang… Siapa lagi yang di rumah, Ust Satsari KS SD Citrodiwangsan 4 dan ust Iba Dwiantoro SDN Jogoyudan 1 pemudik dengan sepeda “Onthel” atau sepeda “Unta” jika waktunya sembah sungkem kegem wongtuwo. Lumajang Probolinggo- Lumajang Banyuwangi sudah biasa dengan ngonthel.

‘Onthel” adalah istilah tunggangan modernisasi para compeni dan pengonthel seringkali melengkapi diri dengan berbusana dan topi ala compeni. Haha… Unik juga.

Yang jelas secara keseluruhan, bersepeda yang pertama dilingkungan para KS SD kecamatan Lumajang memberikan warna baru meningkatkan imun tubuh dalam menghadapi wabah Covid-19. Semoga dengan usaha ini kita terbebas dari virus serta sehat jasmani dan rohani

Foto: Nurilatih

4 comments

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.