AKANKAH BERSEKOLAH DALAM NEW NORMAL LIFE

AKANKAH BERSEKOLAH DALAM NEW NORMAL LIFE

Oleh Puji Yuli

Pandemi virus corona yang masih terjadi di negeri tercinta Indonesia memberikan dampak di sektor pendidikan. Kita bisa melihat bahwa aktivitas pendidikan berupa belajar itu dilakukan di rumah saat pandemi virus corona alias covid 19. Adanya virus corona ini membuat anak anak tidak masuk sekolah. Sehingga proses pembelajaran dilakukan secara Online di dalam rumah . Semua ini dilakukan agar penyebaran virus corona tidak semakin meluas. Termasuk anjuran untuk berpola hidup sehat juga

Saat ini, negeri ini mulai bersiap menyongsong era New Normal Life. Termasuk sektor pendidikan harus juga berbenah dan bersiap menghadapi era New Normal Life. Akankah sekolah sekolah itu mulai melakukan proses pembelajaran secara tatap muka di era New Normal Life? Sudah siapkah sekolah,peserta didik maupun guru melakukan proses pembelajaran tatap muka di era New Normal Life untuk bisa mencerdaskan peserta didik secara efektif ? Ataukah sekolah dan proses pembelajaran di era New Normal Life dilaksanakan secara daring alias Online.

Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Retno Listyarti meminta Kemendikbud dan Kemenag terus mengkaji langkah pembukaan sekolah pada 13 Juli 2020. Langkah pembukaan sekolah ini dikhawatirkan mengancam kesehatan anak karena penyebaran virus corona (Covid 19) belum menurun. Bahkan kasus covid 19 pada anak di Indonesia cukup besar dibandingkan dengan negara lain. Retno mengungkapkan dari data kementerian kesehatan terdapat sekitar 831 anak yang terinfeksi covid 19 (data 23 Mei 2020). Usia nama yang tertular itu berkisar 0 – 14 tahun. (https://nasional.okezone.com/read/2020/05/27/337/2220225/831-anak-terinfeksi-covid-19-kpai-minta-pembukaan-sekolah-saat-sudah-nol-kasus).

Sebaiknya pemerintah perlu melakukan pengkajian ulang terkait pendidikan dan sekolah di era New Normal Life. Hal ini perlu dilakukan karena pandemi virus corona alias covid 19 ini belum menurun. Bahkan jumlah yang terinfeksi covid 19 semakin meningkat dan menyebar juga pada anak anak. Kita bisa melihat bahwa Islam itu bisa sebagai rujukan dalam menyongsong New Normal Life terkait sektor pendidikan. Ini bisa kita lihat bagaimana Islam mampu menanggani wabah penyakit tha’un di masa Rasulullah SAW dan masa khulafaur rasyidin. Sebagaimana dalam Islam itu bisa dijadikan sebagai rujukan dalam menangani wabah virus corona seperti yang terjadi pada masa Rasulullah SAW dan masa Umar bin Khatab dalam menghadapi wabah Selain itu, Islam juga memberikan petunjuk terkait pelaksanaan pendidikan secara sempurna. Sehingga kita bisa benar-benar siap dalam pendidikan di era New Normal Life.

(Tulisan Opini)

Puji

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.