Pandai Bersyukur

Indahnya kata bersyukur itu, di masa kesulitan dengan musibah yang kini dialami. Tak menutup kemungkinan kita mesti bersyukur, karena semua yang terjadi adalah kehendak-Nya.

Bagaimana caranya mengubah kesulitan itu menjadi kemudahan. Masa pandemi belum juga berakhir, tetapi bukan berarti kita hanya duduk dan diam. Di mana ada kesulitan, Allah akan memberikan kemudahan, sesuai dengan firman Allah SWT.

“Sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan.” (QS. Al-Insyirah: 5)

Warga Indonesia itu sangat hebat. Kenapa dikatakan hebat? So ada saja ide kreatif dan inovatif bagi kaum yang berpikir. Rasa syukur itu mampu diciptakan dengan segala bentuk dan sikap serta perilaku positif.

Di saat kondisi yang mengharuskan kita menggunakan Alat Pengaman Diri atau biasa disebut APD. Warga Indonesia sungguh kreatif berkarya dan mencipta. Masker yang mempunyai fungsi untuk melindungi dapat dibuat sedemikian rupa sehingga mampu memberikan daya cipta yang tinggi.

Bukan hanya nilai keamanan yang dapat dimanfaatkan. Namun terdapat nilai estetika yang mampu menciptakan kreasi baru kepada masyarakat untuk berpikir lebih luas dan lebih berharga.

Masker yang berbahan kain dari awal, mempunyai harga yang relatif terjangkau dan murah. Namun kirim dengan berbagai inovasi dan kreasi mampu mengangkat harga masker menjadi tinggi.

MasyaAllah, itulah hebatnya orang Indonesia mampu memanfaatkan kesempatan, walaupun dalam kondisi yang sangat sulit. Itulah yang dinamakan kreatif dan inovatif.

Masker, lagi-lagi masker. Masker dulu hanya mempunyai fungsi pengaman dan pelindung. Warna pun tak diperhatikan, bahan pun yang digunakan terkadang terbuat kain percak. Tak ada tampilan motif dan model. Tak ada karakter dan manik-manik.

Wow, amazing, kini di setiap bibir jalan, banyak orang menawarkan masker dengan berbagai warna dan karakter. Malahan kini, ada masker dengan karakter wajah. Dengan face amat menggoda. Ada tambahan kumis dan janggut. Bahkan sunggingan senyum pun ada.

Kita bisa memilih sesuka-nya, sesuai selera. Sungguh warga Indonesia yang pandai bersyukur. Mampu beradaptasi dengan segala kemungkinan yang ada.

Banyak warga yang beralih profesi, tak sedikit warga berentrepreneurship. Mereka memanfaatkan kondisi dengan menjual segala kebutuhan dalam masa covid-19 ini.

Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu memaklumkan, “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti azab-Ku sangat berat.” (QS. Ibrahim: 7)

Wallahu A’lam Bishowab

rumahmediagrup/suratmisupriyadi

Sumber foto: diambil dari pustaka media

Pinjam foto ya teman, maafin🙏

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.