Pilih-pilh Teman

Pilih-pilh Teman

Barangkali pernah terjadi di lingkup pergaulan kita, bersosial dengan teman-teman yang beraneka karakternya. Pasti ada diantara sekian puluh teman tadi ada satu atau beberapa yang pernah membuat kita merasa sangat terganggu.

Terganggu oleh sifat dasarnya yang memang menjengkelkan. 
Menjengkelkan dari kebiasaannya usil dengan urusan kita, dari sering alpanya untuk bayar hutang, dari suara  kerasnya memotong pembicaraan kita, dari  celoteh tidak penting atas sesuatu yang ia anggap lucu, dan beberapa sifat negatif lainnya.

Namun kalau kita biarkan diri kita terhubung terus bersama mereka, bersiaplah kita akan kena imbasnya, dirugikan oleh teman-teman yang negatif tadi. Hal tidak mengenakkan apabila sudah berurusan dengan keuangan.

 Kita menolong dengan meminjamkan kadang bukan berarti kita sedang stock luber uang di brankas, tetapi ada sisi iba mendengar keluhannya, kepentingannya menyelamatkan aneka alasan; orang tuanya, anaknya, studinya, dll. Tapi jika dasar karakternya ngemplang ya lenyap saja dia bagai ditelan bumi tanpa kabar, kita yang awalnya niat menolong dibuat jengkel setengah mati.

Teman seperti ini adalah yang sebenarnya teman di dunia yang fana. Dimana kita hanya dibutuhkan saat ia kepepet mendapatkan kesulitan, namun saat kita berada di saat sulit dan butuh bantuan, dia tidak peduli dan malah menjauh, lebih parah lagi dia  menggunjingkan kita tentang hal buruk yang tidak sesuai (memfitnah).

Firman Allah, SWT;
لَقَدْ أَضَلَّنِي عَنِ الذِّكْرِ بَعْدَ إِذْ جَاءنِي وَكَانَ الشَّيْطَانُ لِلْإِنسَانِ خَذُولاً

“Sesungguhnya Dia telah menyesatkan aku dari peringatan (Al-Qur’an) ketika ia telah datang kepadaku dan adalah syaitan itu teman yang berkhianat kepada manusia. (Surah al-Furqan [25]: 29).

Delete saja, hapus dia dari daftar kontak di hape, dari pertemanan di media sosial, karena pernah masih sempat terlihat oleh kita posting dia lagi berlagak borjuis nongkrong di kafe, jalan-jalan liburan dengan kendaraan baru, kulineran, dan banyak lagi. Apa kuat kita tidak sakit hati tanpa mengumpat, mencaci? insya Allah kuat ya.. hehe.. sambil mendoakan dia segera mendapat rezeki dan hidayah supaya ingat menunaikan kewajibannya.

Pun jika ada teman yang terlihat dari bersosialnya mengarah ke hal negitif selalu, kita tidak usah ragu untuk memutus pertemanan tanpa harus memblokir kontaknya cuma menghindar dari terhubung dengan kontak dia. 
Satu teman yang negatif ini akan sangat bisa mempengaruhi  kita dalam hal hubungan kita ke Allah dan kepada sesama.

Tertera firman Allah SWT dalam Al-Qur’an Surah Fushshilat ayat 34;

وَلَا تَسْتَوِي الْحَسَنَةُ وَلَا السَّيِّئَةُ ادْفَعْ بِالَّتِي هِيَ أَحْسَنُ فَإِذَا الَّذِي بَيْنَكَ وَبَيْنَهُ عَدَاوَةٌ كَأَنَّهُ وَلِيٌّ حَمِيمٌ

“…Dan tidaklah sama kebaikan dan kejahatan. Tolaklah (kejahatan itu) dengan cara yang lebih baik. Maka tiba-tiba orang yang antaramu dan antara dia ada permusuhan, seolah-olah dia adalah teman yang sangat setia.” (Surah Fushshilat [41]: 34).

Tetapi mendapatkan teman-teman se-ide, selalu  berpikir positif, akan membantu menumbuhkan ‘self esteem and , self confident’, citra dan kepercayaan diri. Disinilah kita bisa fokus untuk selalu berbuat kebaikan dan selalu bersyukur. Tentang bagaimana mengolah *rasa cukup*, bagaimana kita menghargai keberkahan hidup.

Kita membutuhkan teman yang selalu memperingatkan kita tentang Allah SWT supaya kita terjaga dengan pedoman yang sudah ditentukan dalam agama kita selama di dunia dan akhirnya akan mendapat syafa’at Rasulullah SAW di hari akhir nanti, insya Allah.

gambar: Pinterest

rumahmediagrup/isnasukainr

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.