New Normal, Jangan Kebablasan!

New Normal, Jangan Kebablasan!

Seperti yang kita ketahui, New Normal adalah sebuah kebijakan baru dari pemerintah pusat yang memberlakukan pelaksanaan aktivitas normal seperti biasanya namun tetap menjalankan protokol kesehatan untuk mencegah penularan virus covid-19 yang belum bisa hilang dari muka bumi ini.

Pemerintah tentu mengharapkan dengan adanya kebijakan baru ini masyarakat bisa kembali ke kehidupan normal namun tetap waspada dan selalu menjalankan aturan yang berlaku ketika berada di luar rumah. Tentu, dengan kebijakan yang ada diharapkan masyarakat bisa kembali memulihkan keadaan perekenomian yang hancur.

Namun, banyak masyarakat yang mengira kebijakan New Normal itu kembali ke keadaan yang seperti dulu seperti enam bulan ke belakang di mana aktivitas berkumpul di tempat umum atau bisa berpergian ke tempat lain dianggap lumrah.

Masa New Normal bukan berarti kondisi dan keadaan sudah aman. Belum saatnya kita kembali ke kehidupan sebelum virus ini menyerang dunia. Kita masih dituntut untuk tetap melakukan social distancing.

Dengan kata lain, membuka kehidupan baru di masa New Normal namun jangan kebablasan. Seolah-olah pandemi ini bukan hal yang menakutkan lalu melonggarkan kewaspadaan. Jangan sampai membuat cluster baru dan menambah pasien positif.

Pemerintah harus terus menerus melakukan edukasi serta peringatan agar masyarakat tetap disiplin, mematuhi, dan menjalankan protokol kesehatan sehigga terpenuhi syarat kehidupan New Normal yang aman.

Ada pun hal penting yang harus dilakukan agar kita terhindar dari pemaparan virus di masa New Normal dikutip dari laman http://www.alodokter.com

1. Saat harus keluar rumah dan kembali lagi ke rumah

Penerapan new normal akan membuat kita lebih longgar untuk keluar rumah. Namun, mengingat pandemi COVID-19 masih berlangsung, kita harus tetap menerapkan langkah pencegahan dasar kapan pun dan di mana pun kita berada.

Jangan memaksakan diri untuk keluar rumah saat sedang tidak fit. Bila sudah selesai, segera kembali ke rumah. Sesampainya di rumah, langsung lakukan beberapa hal berikut:

1. Buka alas kaki sebelum masuk ke dalam rumah.

2. Semprotkan disinfektan pada alas kaki maupun peralatan yang kamu gunakan.

3. Cuci tangan dengan air dan sabun.

4. Lepaskan pakaian yang dikenakan dan segera masukkan ke dalam tempat cucian yang tertutup.

5. Mandi dan berganti pakaian bersih sebelum bersantai atau berkumpul dengan keluarga.

2. Sewaktu menggunakan transportasi umum

1. Selalu membawa hand sanitizer. Jangan menyentuh wajah dengan tangan yang belum dibersihkan. Jangan lupa membawa botol minum agar tetap terhidrasi selama perjalanan.

2. Mengurangi interaksi dan menjaga jarak setidaknya 1 meter dengan penumpang lain. Lebih aman lagi tidak menggunakan kendaraan umum.

3. Selama bekerja di kantor
Dimulainya new normal akan membuat para karyawan kembali bekerja di kantor secara bertahap setelah beberapa bulan bekerja dari rumah. Nah, agar tetap aman jangan lupa menerapkan pshysical distancing dalam setiap kegiatan di kantor.

1. Atur jarak antarkursi minimal 1 meter. Bila ada rekan kerja yang duduk dengan jarak kurang dari itu, jangan ragu untuk menegur dan mengingatkannya agar menjaga jarak.

2. Saat makan siang, usahakan untuk selalu membawa bekal dari rumah jadi tidak perlu ke tempat yang ramai untuk mengantri membeli makanan. Saat makan siang bersama di kantor pun tetap jaga jarak dengan rekan-rekan sekantor.

3. Bila sakit, mintalah izin untuk tidak masuk kerja, atau bila memungkinkan, bekerja dari rumah dulu untuk sementara waktu.

D. Ketika berbelanja di tempat umum

1. Kemungkinan pasti akan bertemu dengan orang banyak. Jangan lupa tetap terapkan physical distancing.

2. Batasi menyentuh barang-barang di toko maupun di tempat umum. Setelah menyentuh barang-barang tersebut, jangan menyentuh wajah atau barang-barang pribadi, misalnya tas dan handphone, sebelum mencuci tangan. Tujuannya adalah untuk mengurangi risiko terkontaminasi virus.

2. Usahakan untuk tidak berlama-lama saat belanja. Catat barang-barang apa saja yang perlu dibeli dan langsung ke kasir ketika semua sudah didapatkan.

5. Jika makan di restoran

1. Tetap menjaga jarak termasuk dengan pengunjung, pramusaji, dan kasir. Pastikan kondisi ruangan memiliki ventilasi yang baik untuk pertukaran udara dengan orang lain.

2. Sewaktu membayar, sebisa mungkin gunakan metode pembayaran nontunai untuk mencegah kontaminasi. Namun, jika tidak ada, pastikan untuk langsung mencuci tangan setelah memegang uang ataupun kartu.

6. Ketika berbelanja online atau memesan makanan online

1. Hindari kontak langsung dengan kurir dan selalu menggunakan masker.

2. Upayakan untuk membayar barang belanjaan dengan secara nontunai untuk meminimalkan interaksi dengan kurir.

3.Sediakan tempat khusus bagi kurir menaruh barang pesanan, agar tidak perlu bertemu langsung atau bersentuhan dengan kurir ketika menerima barang.

4.Buka bungkus paket di luar rumah dan segera buang bungkusnya di tempat sampah atau semprot bungkus paket dengan disinfektan sebelum membawanya masuk ke dalam rumah.

5. Untuk makanan, jangan menyemprotkan disinfektan ke bungkusnya. Cukup buka dan buang bungkusnya, lalu pindahkan makanan ke piring. Jangan makan makanan langsung dari wadahnya.

5. Setelah membuka kemasan paket barang atau makanan, langsung cuci tangan dengan sabun dan air mengalir.

https://www.alodokter.com/ini-panduan-menjalani-new-normal-saat-pandemi-corona

Gambar dari pinterest

rumahmediagrup/irmasyarief

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.