Shalat Mendidik Diri

Shalat Mendidik Diri

Ibadah shalat mengandung unsur pendidikan yang sangat urgen bagi kepentingan dan kelangsungan hidup hidup manusia. Di dalam shalat diajarkan ketundukan, kepatuhan, ketaatan. Coba apa jadinya hidup manusia tanpa ada ketaatan, ketundukan, kepatuhan akan ketertiban? Pasti akan terjadi kekacauan. Shalat mengajarkan itu semua, agar kita tertib, tunduk, taat dan patuh.

Lihat saja planet-planet yang beredar pada garis edarnya, tanpa ada ketundukan terhadap perputaran pada garis orbitnya yang telah Allah tetapkan, niscaya akan terjadi kehancuran alam semesta ini. Begitu pun manusia, manakala tidak patuh, tunduk terhadap peraturan, dia bisa berbuat semaunya dan terjadilah kerusakan dalam kehidupan.

Hidup tidak lain adalah serangkaian peraturan, dan peraturan itu tidak bisa terlepas dari kehidupan manusia, tanpa peraturan tak akan tercipta kehidupan. Maka dalam agama pun isinya adalah seperangkat peraturan yang tujuannya mengatur hidup manusia agar berjalan di garis yang lurus untuk keselamatannya dunia dan akhirat. 

Nah, shalat bisa dikatakan adalah pangkal dari semua ketundukan terhadap peraturan dalam kehidupan, baik peraturan Allah ataupun peraturan yang dibuat oleh manusia. Ketika kita tunduk, taat, patuh menjalankan shalat, maka akan berimbas terhadap ketundukan, kepatuhan pada peraturan-peraturan yang lain. Bisa dibayangkan, tatkala shalat yang kita kerjakan dengan penuh istiqamah dari semenjak baligh hingga detik ini, tentu ia akan membentuk karakter kepatuhan, ketundukan. Dikarenakan tidaklah suatu tindakan dibiasakan, kecuali ia akan tumbuh menjadi karakter.

Dengan shalat itulah yang akan membentuk kepribadian muslim yang berkarakter islami. Kepribadian muslim yang taat, patuh dan tunduk terhadap perintah dan larangan, sehingga terciptalah hidup yang tertib, aman, damai, selamat dunia akhirat.

Allah menyatakan bahwa shalat mencegah diri dari perbuatan keji dan munkar, manakala kemunkaran telah lenyap, maka hanya ada satu kemungkinan, yakni terbitnya kebaikan. Sungguh, shalat mendidik diri!

(rumahmediagrup/wahyudinaufath)

Gambar: merdeka.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.