New Normal New Habit

New Normal New Habit

Allah memberikan cobaan kepada kita, karena Ia menghendaki yang terbaik untuk kita. Rasulullah bersabda, “Barang siapa yang Allah inginkan kebaikan, Allah akan memberinya musibah.” (HR. Bukhari). Hadis tersebut menekankan bahwasanya tidaklah suatu cobaan (musibah) yang datang menimpa itu sebagai sesuatu yang sia-sia,  akan tetapi ia memiliki tujuan semata-mata agar seorang hamba menjadi semakin baik setelahnya. Maka di sini mutlak diperlukan kepekaan dalam menyikapi uijan yang datang untuk memperoleh kebaikan.

Hakikatnya segala yang datang dari Allah, entah berupa kesenangan maupun kesusahan adalah ujian dari-Nya. Tak berbeda dengan kondisi sekarang dengan hadirnya Covid-19. Ini semua ujian supaya kita menjadi lebih baik dari sebelumnya. “Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu. Allah mengetaui sedang kamu tidak mengetaui” (QS. Al-Baqarah: 216).

Saat datang ujian ialah saat-saat yang tepat untuk mengintrospeksi diri, bermuhasabah melihat kembali segala tingkah laku selama ini. Sekiranya banyak kesalahan yang diperbuat, momen hadirnya ujian ini seyogyanya dapat menampik kebiasaan-kebiasaan buruk yang selama ini biasa dilakukan. Orang yang bisa menyikapi ujian dengan tepat, maka ia akan mendapat keberuntungan dan kebaikan atas hadirnya ujian dalam hidupnya. Sebagaimana yang menjadi tujuan didatangkannya ujian tersebut.

Menjadi amatlah rugi bagi orang yang telah Allah berikan ujian serta cobaan, namun ia tak dapat mengambil pelajaran dari apa yang telah terjadi, sehingga ia tak dapat memperoleh kebaikan darinya. Nau’dzubillahi min dzaalik.

Sepantasnya hadirnya ujian telah memberikan keinsyafan dan kebijakan hidup sebelum ujian itu berlalu. Hadirnya corona virus kita akui secara tak langsung telah memberi pelajaran yang sangat berharga tentang pentinganya menjalankan pola atau habit hidup sehat. Kesadaran hidup sehat inilah yang perlu kita kembali galakkan dan terapkan yang boleh jadi selama ini secara sengaja atau tidak sengaja, sadar atau tidak sadar telah kita kesampingkan. Kesadaran menjalankan pola hidup sehat sebagaimana yang telah Rasulullah tuntunkan sejak berabad silam.

Seiring akan dan dengan telah diberlakukannya new normal, telah pula membawa masyarakat kita pada new habit menjalankan pola hidup sehat yang berkelanjutan sebagai keinsafan atas teguran Illahi berupa covid-19.

Semoga kita senantiasa dapat belajar dari setiap kejadian untuk membenahi diri menjadi lebih baik, sehingga tidak menjadi orang yang merugi. Aamiin.

(rumahmediagrup/wahyudinaufath)

Gambar: AyoBekasi.net

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.