Wisata Alam Cireong, Sejuk, Murah Meriah

Jika Anda senang berjalan-jalan ke daerah pegunungan ataupun bagi Anda yang senang menikmati wisata alam, ada satu pilihan lokasi wisata di daerah saya, yaitu wisata alam Sungai Cireong. Tempat ini berlokasi di Desa Sukaresik Kecamatan Sindangkasih Kabupaten Ciamis. Tempatnya lumayan sejuk karena berlokasi di sekitar pegunungan. 

Dari pintu gerbang utama,  pengunjung akan diminta tiket masuk sebesar Rp 3000/orang. Kemudian jika membawa kendaraan bisa parkir di atas dekat dengan lokasi. Kalau lagi penuh, biasanya parkir mobil dekat gerbang utama. Untuk yang suka berwisata bersama keluarga sambil mengasuh anak, tempat ini sangat cocok. Pas masuk dekat parkir motor ada sebuah kolam renang yang bisa dinikmati keluarga.  Di tempat ini ada sarana bermain air bagi anak-anak. Di kolam renang ini Anda akan diminta tiket masuk Rp15.000/orang bagi yang mau berenang. Bagi yang hobi bernyanyi disediakan karokean tapi tentu saja tidak gratis. 

Kalau kita berjalan lagi ke arah utara agak ke atas ada lagi sebuah kolam renang. Nah kalau tiket masuknya untuk yang ini cukup murah hanya Rp 5000/orang tapi belum termasuk sewa ban. 

Satu lagi, jika Anda ingin berenang gratis tinggal berenang di sungai aja. Airnya cukup jernih jika tidak lagi hujan. Anda bisa berendam di antara bebatuan yang besar-besar. Namun harus hati-hati jangan sampai menginjak batu yang berlumut. Banyak yang suka berendam di sini. Baik tua maupun muda. Apalagi anak-anak sangat suka bermain air.

Jika Anda lapar dan tidak bawa makanan dari rumah. Anda bisa pesan paket nasi liwet yang harganya terjangkau. Baik di dalam kolam renang maupun di pinggiran sungai ada yang berjualan nasi liwet. 

Bagi yang suka berswafoto disediakan tempat yang menarik untuk mengambil gambar dengan latar sungai yang indah. Ada berbagai pilihan tempat yang bisa anda pilih untuk berselfi ria. 

Dulu, sebelum tempat ini dikelola oleh pemerintah setempat kalau ingin masuk tempat ini kami tak perlu bayar. Namun sekarang pengelolaan cukup lumayan dan bisa menjadi tambahan pendapatan bagi masyarakat sekitar. 

Meskipun masih dalam suasana pandemik corona tempat ini sudah mulai ramai dikunjungi setelah beberapa bulan ditutup karena pembatasan sosial. Namun demikian pembukaan kembali tempat wisata tersebut sesuai dengan protokol kesehatan. Tiap orang yang masuk ke sana harus dicek suhu dulu dan harus bermasker. So,  bagi Anda yang berada di sekitar Tasikmalaya dan Ciamis,  tempat ini bisa dijadikan alternatif pilihan wisata alam yang cukup murah meriah. Selamat berlibur. 

Foto:koleksi pribadi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.