Tutut

TUTUT

Apa yang terlintas dalam pikiran Anda ketika mendengar Tutut? Siput air tawar, keong sawah, panganan yang lezat, obat berbagai penyakit, dan lain sebagainya.

Ya, tutut atau nama ilmiahnya Pila Ampullacea sudah dikenal sejak dahulu oleh masyarakat Indonesia. Bahkan saat saya masih kecil pun, Tutut menjadi salah satu panganan favorit yang wajib dibeli bila berjalan-jalan ke pasar malam.

Memang tak banyak penjual Tutut baik dulu mau pun sekarang. Karena dalam hal pengolahan, Tutut ini sendiri harus benar-benar bersih, jika tidak bisa-bisa malah menimbulkan penyakit.

Pengolahan Tutut yang kurang bersih bisa menyebabkan keracunan, karena Tutut termasuk inang antara bagi cacing parasit Echinostoma, yang menyebabkan penyakit radang usus.

Memasak atau merebusnya harus menggunakan teknik yang baik dan dalam waktu yang cukup lama. Hal itu dapat membunuh larva-larva cacing Echinostoma yang berada dalam daging tutut.

Manfaat Tutut sudah dikenal sejak dahulu oleh masyarakat Indonesia, ampuh mengobati berbagai penyakit. Terdapat 217 mg kalsium terdapat dalam daging tutut.

Kalsium adalah zat yang sangat dibutuhkan bagi tubuh, terutama tulang. Tutut juga mengandung protein dan mineral yang cukup tinggi. Mineral yang terkandung dalam tutut antara lain fosfor, potasium, kalsium, zat besi, magnesium, zinc dan juga sodium. Tutut juga mengandung omega 3, 6, dan 9.

Tutut memang memiliki penggemarnya tersendiri, karena tak semua orang menyukai siput air tawar yang satu ini. Mungkin sekilas melihat rupa Tutut agak sedikit geli, tapi jika sudah mencobanya dalam bentuk masakan, dijamin bakal ketagihan.

Cara makannya pun terbilang unik, dengan sedikit teknik menggunakan lidi atau bisa langsung diseruput, daging Tutut yang telah dimasak bisa dengan mudah dinikmati. Apalagi bila mengolahnya dengan menu pedas dan sedikit berkuah kuning, rasanya pasti bisa menggoyang lidah.

Berikut manfaat Tutut bagi Kesehatan :

  • Obat sakit Liver
  • Mencegah Hipertensi
  • Obat Diabetes
  • Obat sakit Maag
  • Mengontrol Kolesterol
  • Obat Wasir
  • Merawat rambut rontok
  • Baik untuk perkembangan otak
  • Sebagai antiseptik untuk kulit

Berdasarkan pengalaman saya, Tutut memang bisa menjadi obat bagi penderita penyakit liver. Sewaktu saya kecil, ibu saya pernah menderita sakit liver, ada yang menyarankan untuk mengkonsumsi Tutut dan air rebusannya yang telah dimasak dengan bumbu kunyit.

Saran itu pun mulai dijalankan. Selama beberapa hari mama mengkonsumsi Tutut dan air rebusannya. Alhamdulillah, atas izin Allah mama pun berangsur-angsur sembuh.

Manfaat Tutut memang sudah tak diragukan lagi, meski terlihat sedikit menggelikan, tapi kandungan gizi di dalamnya sangat luar biasa. Tentunya dengan pengolahan yang baik dan benar, si mungil bercangkang ini pun akan terasa manfaatnya.

Sumber Referensi :

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Keong_sawah

https://www.harapanrakyat.com/2020/01/manfaat-tutut-untuk-atasi-berbagai-penyakit/amp/#referrer=https://www.google.com

rumahmediagrup/bungamonintja

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.