Menghargai Kenangan

Mengenakan kaos bergambar Si Unyil berwarna kuning dengan celana panjang coklat membuatku sangat bahagia. Di saat teman yang lain masih menunggu uang tabungan untuk membelinya, bapakku telah membelikannya. Betapa bangganya aku, Bapakku begitu sayang kepada kami anak-anaknya namun ternyata Allah lebih sayang. Saat aku berusia sepuluh tahun, bapak meninggalkan kami semua. Kasih sayangnya akan selalu ada dalam hati kami anak-anaknya.

Ibu masih menyimpan baju-baju bapak, tertata rapi di lemari. Bahkan sepatu warna coklat barunya yang belum sempat dipakai masih tersimpan di kardus. Bapak meninggal karena serangan jantung, kami keluarganya sangat sedih dengan kepergiannya yang tiba-tiba terlebih ibu.

Hidup harus terus berlanjut, meski kami masih berduka. Saat hujan turun tanpa sadar aku mengambil payung hendak menjemput bapak pulang kerja, biasanya saat turun hujan tugasku menjemput bapak di depan gang rumah kami. Saat menyadari bapak telah tiada, tak terasa air mata mengalir di pipiku. Ibu memelukku erat diiringi tangisnya.

***

Setiap manusia memiliki kenangan, baik kenangan yang indah maupun yang biasa saja bahkan menyedihkan. Peristiwa hari ini, pada detik berikutnya akan segera menjadi kenangan. Lakukan semuanya dengan tulus dan ikhlas karena kenangan juga mengajarkan kita akan artinya menghargai hidup.

Kenangan bukan untuk dilupakan begitu saja. Namun juga mempunyai peranan yang penting dalam kehidupan kita pada hari ini dan seterusnya. Cara terbaik menghargai kenangan adalah dengan menjalani setiap detik demi detik dengan penuh keikhlasan. Baik hal bahagia, biasa saja  maupun pengalaman penuh luka, tak ada waktu untuk menyalahkan diri sendiri, orang lain dan  keadaan. 

Saat suatu peristiwa menorehkan kenangan yang membuat kita sedih dan menitikkan air mata, bersabar dan introspeksi diri. Syukuri saja apa yang telah kita alami, jadikan setiap tetes air mata yang mengalir menjadi sebuah kenangan yang bermakna. Sehingga dapat menjadikan kita pribadi yang lebih baik lagi.

Sumber Foto : Koleksi Pribadi

rumahmediagrup/ She’scafajar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.