Pilih Kelaparan Atau …?

Jalanan tampak macet, tak biasanya di daerah sekitaran perumahanku ramai akan kendaraan dan kerumunan orang-orang. Ada apakah ? Tanyaku dalam hati. Ternyata ada pencurian di mini market.

Rupanya polisi juga telah sampai di TKP. Pelakunya seorang laki-laki paruh baya dan yang ‘dicurinya’ adalah dua bungkus biskuit. Tampak dari kejauhan pria tersebut duduk di lantai kepalanya tertunduk, dengan mengenakan kaos oblong warna coklat dan celana hitam. Kedua tangannya memegang erat dua bungkus biskuit.

Wajahnya basah oleh keringat dan tampak memar seperti bekas pukulan. Semakin banyak orang datang untuk melihat kejadian tersebut. Tak tega melihatnya. Segera aku beranjak meninggalkan kerumunan dan mengurungkan niatku membeli camilan.

Apapun alasannya mencuri tidak dibenarkan dan merupakan tindak pidana yang dapat menjerat pelakunya ke dalam penjara. Memang aku tak tahu pasti alasannya mencuri, namun melihat pelaku dan jenis barang yang dicurinya dapat diasumsikan bahwa pelaku melakukan perbuatan tersebut karena terdesak keadaan.

Tak terbayangkan jika hal tersebut menimpa orang terdekat kita atau keluarga. Saling peduli adalah kuncinya. Jika kita saling peduli, mungkin kejadian di atas tak terjadi. Dari hal yang terkecil, peduli dengan orang yang tinggal di sekitar kita, misalnya tetangga.

Apalagi di masa pandemi seperti saat ini, dampaknya berpengaruh terhadap ekonomi dan semua aspek kehidupan. Bersyukur, lingkungan di perumahanku telah melakukan gerakan peduli Covid-19. Rumah Pak RT dijadikan pos peduli, dengan menerima donasi maupun sumbangan berupa sembako untuk kemudian diberikan kepada warga yang terdampak.

Dan barangsiapa yang memberikan kemudahan (membantu) kepada orang yang kesusahan, niscaya Allah akan membantu memudahkan urusannya didunia dan di akhirat. (HR. Muslim)

Sumber Foto : Koleksi Pribadi

rumahmediagrup/She’scafajar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.