Menikmati Keindahan Telaga Biru (Situ Cicerem)

Menikmati Keindahan Telaga Biru (Situ Cicerem)

Senin pagi disambut dengan mendung menggelayut dan gerimis kecil. Namun semangat anak-anak tak surut untuk tetap pergi jalan-jalan ke Telaga Biru.

Masa new normal memang kita tetap harus waspada, terlebih lagi angka virus Covid-19, khususnya di daerah Cirebon masih belum stabil. Selama kurang lebih tiga bulan, anak-anak berkutat dengan kegiatannya di rumah dan lingkungan sekitar.

Masa bersekolah belum mulai aktif, jangankan untuk berwisata, untuk saling mengunjungi sesama temannya di sekolah pun belum dianjurkan. Apalagi sekolah anak lelakiku berada jauh dari rumah, yang berarti teman-temannya pun berada di lingkungan yang tersebar di wilayah kota dan kabupaten Cirebon.

Mas Zio, anak lelakiku yang tahun ajaran baru ini naik ke kelas 4 sekolah dasar, telah berencana dengan teman-temannya ingin berlibur ke tempat wisata yang tak begitu jauh dari rumah. Aku dan beberapa ibu lain di komplek perumahan tak tega untuk memutus harapan mereka.

Akhirnya kami pun sepakat untuk mengunjungi tempat wisata Telaga Biru yang berada di daerah Kaduela, Pasawahan, Kuningan.

Telaga Biru atau disebut juga Situ Cicerem adalah telaga yang cantik dan menarik di kaki gunung Ciremai. Tempat ini tengah nge-hits di wilayah Kuningan. Bukan hanya warna airnya yang kebiruan, Telaga Biru ini juga semakin menarik perhatian karena dihuni oleh beragam jenis ikan, seperti ikan mas berwarna-warni yang ukurannya cukup besar.

Selain itu, Telaga Biru memiliki beberapa spot unik untuk berfoto. Keindahan telaga dan view sekitarnya membuat indah mata memandang. Selain bisa menikmati keindahan Telaga ya, kita juga bisa berenang dan melakukan terapi ikan,

Akses menuju Telaga Biru pun cukup menarik. Dengan pemandangan kanan dan kiri yang disuguhkan oleh hamparan persawahan yang hijau nan permai, membuat perjalanan tak terasa melelahkan. Jaraknya yang kurang lebih 2 km dari Telaga Remis ini sedikit menanjak.

Tiket masuk menuju Telaga Biru pun sangat terjangkau, dijamin ramah di kantong. Bagi yang berada di sekitaran Cirebon, Kuningan dan Majalengka, mungkin destinasi wisata yang satu ini bisa menjadi salah satu referensi untuk menghilangkan penat dan kejenuhan selama masa pandemi lalu.

Dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan, kami memasuki area wisata ini dengan tertib. Pertama sampai, kami sudah disambut dengan pemandangan Telaga yang kebiruan dan udara yang menyegarkan.

Anak-anak yang berjumlah 12 orang, langsung turun dari mobil sesaat setelah kami sampai di parkiran. Mereka langsung turun menuju telaga yang sudah terdapat beberapa orang di sana.

Aku dan 4 ibu lainnya pun segera menyusul dan menikmati suguhan menenangkan telaga yang dihuni banyak ikan itu. Ikan-ikan di sini pun dilarang untuk diambil atau dipancing.

Namun meski banyak terdapat ikan di telaga ini, tak menjadikan air telaga keruh dan berbau amis yang menyengat. Airnya selalu terlihat jernih dan juga dingin.

Pepohonan rindang yang melingkupi telaga menjadikan suasana rimbun dan teduh. Siapa pun akan merasa nyaman berada di tepian telaga sambil menikmati pemandangan indah nan menenangkan.

Di sini pun terdapat camping area yang terletak di bagian atas telaga. Beberapa pedagang pun mulai bermunculan meramaikan suasana Telaga Biru.

Kita juga bisa mendapatkan fasilitas ayunan untuk berfoto, spot foto dari berbagai sudut, perahu karet untuk berkeliling telaga, musala yang bersih, kantin serta terdapat saung dan beberapa bangku untuk bisa menikmati telaga dengan nyaman.

Tentunya fasilitas-fasilitas ini dikenakan tarif, tapi jangan khawatir harganya masih ramah di kantong. Sebanding dengan apa yang kita dapatkan.

Hari sudah mulai siang setelah kami melakukan beberapa foto selfie dan juga mengisi perut dengan bekal yang sengaja dibawa dari rumah. Kami pun pulang dengan membawa kenangan tentang menikmati keindahan Telaga Biru.

Ada beberapa telaga di daerah Kuningan yang memiliki spot dan keindahan tersendiri, dan Telaga Biru ini bisa menjadi referensi bagi warga luar daerah yang berkesempatan berkunjung ke daerah Kuningan dan Cirebon.

Foto : Koleksi pribadi (Mas Zio di Telaga Biru)

rumahmediagrup/bungamonintja

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.