Nikmat Atau Tanggung jawab

Menjadi orang tua tunggal bukanlah pilihan. Tak pernah terlintas di benakku bahwa Allah ternyata lebih menyayangi suamiku. Terpuruk, rasanya berat menjalani hidup tanpa pendamping terlebih anak-anak masih kecil. Hidup harus terus berlanjut, tanggung jawab membesarkan buah hati terpampang di depan mata. Cukup, tak ada waktu meratapi.

Menghadapi semuanya sendiri tidaklah mudah. Bersiap diri dan menata hati serta meyakinkan hati bahwa aku pasti bisa memulai lembaran hidup hanya dengan buah hati. Semua masalah harus aku hadapi dan pecahkan sendiri. Tanggung jawab finansial ada di pundakku.

Semula aku tak bekerja, fokus membesarkan anak dan mengurus rumah. Bekerja menjadi pilihan setelah suami meninggal. Terpaksa meninggalkan anak-anak yang masih kecil. Si sulung bersekolah di sekolah full day, sementara si bungsu bersekolah di sekolah dimana aku bekerja sebagai tenaga pengajar.

Menjalani hari-hari dengan senantiasa berbaik sangka bahwa Allah akan cukupkan, namun aku hanyalah manusia biasa terkadang rasa takut dan ragu menghampiri. Akankah aku dan anak-anakku akan baik-baik saja?

Saat keraguan dan ketakutan hadir hanya satu yang terlintas, begitu banyak nikmat Allah yang telah dilimpahkan kepadaku dan anak-anakku tak seharusnya aku banyak mengeluh. Melihat buah hatiku tumbuh dengan baik dan sehat sudah cukup bagiku, tak usah meminta lebih.

Bersyukur dengan apa yang telah kumiliki, niscaya Allah akan tambahkan nikmatNya. Tanggung jawab yang semula serasa berat akan terasa ringan jika fokus dengan apa yang dilakukan tanpa banyak mengeluh.

Sumber Foto : Koleksi Pribadi

rumahmediagrup/She’scafajar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.