Awas Ada Setan!

Awas Ada Setan!

Banyak orang yang bisa selamat dari keinginan berbuat maksiat manakala berada di tengah-tengah orang lain, akan tetapi jarang yang bisa selamat dari hal yang diharamkan Allah tatkala tengah sendirian. Ya, kesendirian itu menyebabkan niat berbuat maksiat menjadi liar dan mudah dilampiaskan, penyebabnya merasa aman dari penglihatan orang atau merasa tidak ada yang melihat, sehingga apapun yang di depan umum malu untuk dilakukan, merasa menemukan tempat untuk melakukannya di kala sendirian.  

Memang Islam mengajarkan kita untuk mewaspadai kemaksiatan tatkala dalam kesendirian, karena saat itu pikiran-pikiran kotor akan mudah merasuk. Sekiranya, kesendirian itu tidak dalam rangka dzikrullah atau muhasabah atau kegiatan positif lainnya, maka berkumpul bersama orang-orang yang beriman dan bertakwa adalah lebih baik, untuk menghalau pikiran-pikiran negatif yang dapat menjerumuskan ke jurang kenistaan.

Saat sendirian, setan membisikan untuk melakukan dosa dan kemaksiatan. Bagi orang yang merasa jauh dari pengawasan Allah, maka ia akan mudah menuruti bujukan setan, sehingga terjadilah perbuatan tercela yang akan membawa pelakunya kepada dosa.

Allah Yang Maha Teliti, mengawasi segala gerak-gerik manusia, baik saat sendirian atau dalam keramaian. Oleh karena itulah pentingnya memiliki rasa kedekatan dengan Allah, hal itu akan menjadi benteng bagi diri untuk melindungi dari bisikan kejahatan di tengah kesendirian, tanpa ada orang lain yang bisa mengingatkan.

Qatadah berpesan, “Wahai anak Adam, demi Allah, ada saksi-saksi yang tidak diragukan di tubuhmu, maka waspadailah mereka. Takutlah kepada Allah dalam keadaan tersembunyi maupun tampak, karena sesugguhnya tidak ada yang tersembunyi dari-Nya. Bagi-Nya, kegelapan adalah cahaya, dan yang tersembunyi sama saja dengan yang tampak. Sehingga barang siapa yang bisa meninggal dalam keadaan husnuzhan (berbaik sangka) kepada Allah, hendaklah ia melakukannya, dan tidak ada kekuatan kecuali dengan izin Allah.”

(rumahmediagrup/wahyudinaufath)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.