Bertakwa Demi Tanggung Jawab

Bertakwa Demi Tanggung Jawab

Selaku kepala keluarga memiliki tanggung jawab yang agung terhadap keluarganya. Tanggung jawab keluarga bersifat menyeluruh. Ia adalah nahkoda yang menentukan ke arah mana haluan biduk rumah tangganya dilajukan. 

Salah satu tanggung jawab utama seorang kepala keluarga adalah dalam urusan mencari rezeki. Takwa adalah solusi demi kemudahan dalam mencari nafkah dan pemberdayaan penghasilan.

Allah menyatakan dalam Al-Qur’an, “Barangsiapa bertakwa kepada Allah, niscaya Dia akan Mengadakan baginya jalan keluar, dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya.” (QS. Ath-Thalaaq [65] : 2-3).

Allah menjamin bagi hamba-Nya yang bertakwa dengan solusi atas permasalahan hidup yang dihadapi serta rezeki yang datang dari arah yang tak disangka-sangka. Sebaliknya, sikap menjauh dari-Nya menyebabkan rezeki pun ikut menjauh.

“Dan barangsiapa berpaling dari peringatan-Ku, maka sesungguhnya baginya penghidupan yang sempit, dan Kami akan menghimpunkannya pada hari kiamat dalam keadaan buta”. (QS Thaahaa [20]: 124).

Seumpama seseorang yang dari jauh memandang seorang saudagar membagi-bagikan jatah hidup kepada kerumunan orang, tetapi ia tidak mau mendekat walaupun di hatinya ingin sekali mendapat bagian yang sama. Maka, bagaimana mungkin ia akan mendapatkannya bila tidak berusaha mendekat dan hanya memandang dari kejauhan. Sama halnya dengan orang yang tidak mau mendekati Sumber Pemberi Rezeki, Allah Subhaanahu wa Ta’ala dengan cara berbuat ketaatan kepada-Nya. Sebagaimana ketaatan itu mendatangkan rezeki, maka sikap menjauhi-Nya mendatangkan kefakiran, “Seorang manusia benar-benar akan tercegah dari rezeki, karena dosa yang dia perbuat.” (HR. Ahmad).

Seorang kepala keluarga yang bertanggung jawab menafkahi keluarganya dengan kebutuhan yang tentu tidak sedikit, sikap bertakwa kepada-Nya adalah jalan terbaik untuk meraih kecukupan rezeki dari-Nya. Takwa adalah solusi dari segala solusi.

(rumahmediagrup/wahyudinaufath)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.