Serba-Serbi MPLS Daring

Tahun ajaran baru biasanya guru akan sibuk mempersiapkan penyambutan siswa baru dengan program MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah). MPLS yang semula dilaksanakan dengan berbagai kegiatan yang menyenangkan siswa baru, saat pandemi seperti sekarang mau tak mau terpaksa dilakukan secara daring.

Tak mudah mempersiapkannya. Diperlukan kreatifitas yang lebih, ketelitian, kesabaran, dan yang tak kalah penting kemampuan menguasai teknologi. Persiapan dilakukan dengan mengumpulkan dokumentasi berupa foto dan video yang berkaitan dengan ruang lingkup sekolah.

Perkenalan dengan bapak dan ibu guru yang biasa dilakukan secara langsung dengan jabat tangan, senyum dan sapa penuh keceriaan terpaksa dilakukan juga dengan daring. Tentu saja hal ini baru bagi kami sebagai guru. Persiapan konsep perkenalan disusun dan dirancang agar meskipun MPLS dilakukan secara daring tak mengurangi maknanya sehingga siswa baru dapat merasakan keceriaannya.

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah secara daring sangat tergantung  pada teknologi dan tentu tak kalah penting sinyal internet serta paket data. Pengetahuan teknologi orang tua wali murid serta waktu karena orang tua yang bekerja biasanya juga menjadi kendala berhasilnya pelaksanaan MPLS secara daring.

Di masa pandemi ini berharap MPLS yang dilakukan secara daring dapat dilakukan sesuai dengan rencana. Tentu saja tak akan sama seperti MPLS tahun-tahun sebelumnya. Kerjasama yang baik antara  pihak sekolah dan orang tua murid diperlukan, agar apa yang menjadi tujuan dari pelaksanaan MPLS sesuai dengan indikator keberhasilan.

Kita semua berharap agar pandemi ini segera berlalu, sehingga semua kegiatan belajar mengajar dapat dilakukan secara efektif seperti tahun-tahun sebelumnya. Interaksi dengan siswa baru dapat dilakukan sehingga diharapkan menjadi kenangan jangka panjang siswa. Semoga.

Sumber Foto : Koleksi Pribadi

rumahmediagrup/She’scafajar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.