Waktu Shubuh Yang Menakjubkan

Waktu Shubuh Yang Menakjubkan

Dalam sebuah grup WA, terdapat postingan tentang waktu Shubuh yang membuat hati ini tergetar membacanya. Entah siapa penulisnya. Berikut postingan tersebut.

Adanya Waktu Pagi Menjadikan Umat Pandai Bersyukur Sehingga Keberkahan pun Diraih

  • AGAMA sangat peduli akan dinamika dan semangat beraktivitas di awal waktu. Setiap hari selalu diawali dengan datangnya waktu pagi hari. Waktu pagi hari merupakan waktu istimewa yang selalu diasosiasikan sebagai simbol kegairahan, kesegaran, dan semangat.
  • BARANG SIAPA merasakan udara pagi, niscaya dia akan mengatakan bahwa itulah saat paling segar. Pagi hari sering dikaitkan dengan harapan. Pagi hari sering dikaitkan dengan keberhasilan dan kesuksesan.
  • SEHUBUNGAN dengan waktu pagi, pepatah berbunyi, ‘Burung yang terbang di pagi harilah yang bakal berhasil menangkap cacing.’ Orang  yang bertindak lebih dulu daripada orang lain, akan mendapatkan keuntungan yang lebih besar.
  • DALAM sebuah hadis, Nabi Muhammad juga memberi perhatian kepada waktu pagi. Beliau mendoakan agar umat Islam peduli dan mengoptimalkan waktu spesial dan berharga ini. “Ya Allah, berkahilah umatku di pagi hari.” (HR Abu Dawud 2239)
  • MELALUI doa di atas, Rasulullah ingin melihat umatnya menjadi kumpulan manusia yang gemar beraktivitas di awal waktu. Hanya mereka yang bersungguh-sungguh mengharapkan keberhasilan dan keberkahanlah yang bakal sanggup berpagi-pagi dalam kesibukan beraktivitas.
  • MAKA, janganlah kita mengecewakan Nabi kita. Janganlah kita menjadikan doa beliau tidak terwujud. Sebaliknya, marilah kita menjadi umat yang pandai bersyukur dengan adanya waktu pagi. Marilah kita memanage jadwal kehidupan kita sehingga di waktu pagi kita senantiasa dilimpahkan berkah.
  • JANGANLAH kita menjadi seperti sebagian orang di muka bumi yang membiarkan waktu pagi berlalu begitu saja dengan aktivitas tidak produktif, misalnya tidur. Biasanya mereka yang mengisi waktu pagi dengan tidur menjadi pihak yang sering kalah dan merugi.
  • BAGAIMANA tidak kalah dan merugi? Pagi hari merupakan waktu yang paling segar dan penuh gairah. Jika di saat paling baik saja seseorang sudah tidak produktif, bagaimana ia bisa diharapkan akan sukses beraktivitas di waktu-waktu lainnya yang kualitasnya tidak lebih baik dari pada waktu pagi hari?

Untaian demi untaian tentang waktu shubuh di atas sangat indah. Sungguh, waktu shubuh adalah waktu yang teramat istimewa. Allah memberikan banyak kebaikan pada waktu tersebut. Tak ada yang disangsikan lagi dengan keutamaan dan keafdholan waktu shubuh.

Berikut sedikti ulasan dari dr. Zaidul Akbar tentang keistimewaan waktu shubuh dan pagi berdasar riset ilmiah. Dalam bukunya Jurus Sehat Rasulullah, beliau menuturkan bahwa kala shubuh terjadi peningkatan nitric oxide (NO) di dalam udara dan berangsur menghilang ketika matahari terbit. Gas ozon ini memiliki manfaat luar biasa bagi sistem saraf dalam tubuh serta memberikan kekuatan mental dan fisik. Hal ini berarti bagi yang terbiasa bangun shubuh akan memiliki mental dan fisik yang kuat.

Demikian pula saat matahari terbit dengan cahayanya yang berwarna kemerahan. Cahaya merah ini dikenal sebagai cahaya yang bermanfaat menstimulasi saraf dan memotivasi untuk bekerja serta digunakan untuk menghasilkan vitamin pada kulit. Masyaa Allah.  

Kadar kortisol juga mencapai tingkat tertinggi pada waktu shubuh. Kortisol adalah salah satu hormon yang memberi tenaga atau energi bagi tubuh. Jadi yang terbaik adalah waktu shubuh hendaknya kita sudah bangun dan tidak tidur lagi setelahnya. Dampak tidur terlalu lama dapat menyebabkan berbagai penyakit degeneratif, seperti jantung, diabetes mellitus, hipertensi dan kanker.

Semoga Allah memberikan kita kemudahan dan keistiqamhan menjaga waktu shubuh dengan amalan-amalan yang membawa kebaikan dunia dan akhirat. Aamiin.

(rumahmediagrup/wahyudinaufath)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.