Hari Pertama Tahun Ajaran Baru Sekolah Mas Zio

Hari Pertama Tahun Ajaran Baru Sekolah Mas Zio

Hari pertama tahun ajaran baru untuk siswa sekolah dimulai hari ini, Senin, 13 Juli 2020. Seharusnya jika wabah Covid-19 ini tidak terjadi, KBM sudah mulai dilaksanakan, akan tetapi mengingat wabah ini belum juga mereda, otomatis KBM pun akan dilakukan via daring (jarak jauh).

Apalagi di daerah kota Cirebon status Covid-19 masih berada di zona kuning. Itu artinya penyebaran Covid-19 masih harus tetap diwaspadai. Sudah pasti KBM anak-anak pun belum diperbolehkan untuk tatap muka.

Surat edaran pun sudah diterima masing-masing sekolah mengenai pemberlakuan kegiatan belajar mengajar dengan sistem daring, untuk saat ini sampai batas waktu yang belum ditentukan.

Memulai KBM hari ini, hanya dilakukan perkenalan antara siswa/siswi dengan wali kelas yang baru. Perkenalan pun mengharuskan siswa/siswinya memakai seragam sekolah lengkap.

Hanya pengenalan nama dan bagaimana keseharian anak selama masa belajar di rumah dan tanya jawab mengenai kegiatan belajar mengajar selanjutnya. Semua itu dijawab dengan baik oleh Mas Zio.

Mas Zio yang tahun ini naik ke kelas 4, belum ada pemisahan siswa dan siswi. Itu artinya teman-teman di kelas 3 sebelumnya masih satu kelas di tahun ini.

Hanya wali kelas saja yang berubah. Mendapatkan wali kelas yang cantik, perhatian dan periang, tentunya membuat hati orang tua pun tenang dan senang. Semoga anak-anak bisa mengikuti arahan wali kelas dan guru-gurunya selama sistem KBM daring dilaksanakan.

Beruntungnya untuk guru tahfidz dan tahsin, meski tak lagi sama seperti tahun lalu, tapi aku sudah mengenal dengan baik kedua guru perempuan ini. Karena sebelumnya mereka mengajar tahfidz dan tahsinnya Kaka saat di kelas 6.

KBM mulai dilaksanakan di hari kamis dengan diawali pelajaran tahfidz dan tahsin. Karena pada hari Selasa pengambilan LKS dan Rabunya perkenalan dengan guru-guru pengajar.

Aku sudah mulai mengingatkan anak lelakiku ini untuk mengurangi waktu bermainnya, dikarenakan KBM sudah mulai dilaksanakan.

Jika biasanya ia bermain seharian, hanya melakukan murojaah Al-Qur’an selepas salat Magrib saja, mulai saat ini aturan pun segera diterapkan. Ia sudah harus disiplin membagi waktu antara belajar dan kegiatan bermain di luar rumah.

Sudah puas ia bebas tugas dari kegiatan belajar mengajar selama masa pandemi ini. Sudah saatnya mempersiapkan buku pelajaran untuk belajar daring dengan guru nantinya.

Anjuran dinas pendidikan yang sudah disahkan dengan surat edaran ke setiap sekolah yang belum memperbolehkan kegiatan belajar mengajar secara tatap muka, membuat sekolah harus mempersiapkan diri melaksanakan KBM daring hingga batas waktu yang belum ditentukan.

Meski anak-anak pada umumnya sudah mulai merasa jenuh di rumah karena lama tidak bersekolah, tapi peraturan pemerintah harus tetap dilaksanakan. Sekolah pun tidak bisa berbuat apa-apa, selain mengikuti peraturan tersebut.

Tinggal bagaimana nantinya sistem KBM daring ini dilaksanakan agar kegiatan belajar mengajar siswa tetap efektif. Sehingga anak pun tidak hanya menerima tugas dan mengerjakan soal saja seperti KBM daring sebelumnya.

Foto : Koleksi pribadi (Mas Zio)

rumahmediagrup/bungamonintja

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.