Pekan Perkenalan Khutbatul ‘Arsy di Pesantren Kaka

Pekan Perkenalan Khutbatul ‘Arsy di Pesantren Kaka

Hari Minggu, 12 Juli 2020 di pondok pesantren Kaka, Pondok Pesantren Modern Al-Muqodas Sumber, mengadakan pekan perkenalan Khutbatul ‘Arsy bagi santri/santriwati baru.

Sebelumnya sudah ada himbauan dari sekolah bahwa kegiatan ini hanya diperuntukkan bagi santri/santriwati dan guru-guru saja. Orang tua wali santri otomatis tidak mendapatkan undangan.

Sudah jauh-jauh hari Kaka menginformasikan mengenai kegiatan ini. Kaka pun terlibat dalam pagelaran seni tari. Bahkan ia bercerita tentang padatnya latihan tari beberapa hari terakhir ini di sela-sela kegiatan belajar pondok.

Sebagi orang tua tentunya sangat menantikan buah hati tercinta tampil di depan pengurus yayasan, ustaz/ustazah dan teman-temannya. Mengingat Kaka termasuk anak yang tak begitu ahli dalam menampilkan kreasinya di depan umum.

Namun saat melihat penampilan Kaka melalui video yang di sahre salah satu wali santri, aku sebagai ibunya merasa bangga dan terharu. Kaka bisa menampilkan tarian yang terlihat natural.

Pondok pesantren yang mengacu pada sistem pendidikan Gontor ini, memang setiap tahunnya mengadakan pekan perkenalan bagi santri/santriwati baru. Sebagai wujud pengenalan diri dan ajang kreativitas santri/santriwati itu sendiri.

Sayangnya, wali santri tidak diperbolehkan hadir, kalau pun datang, hanya bisa melihat dari kejauhan. Oleh sebab itu, pesantren pun menayangkan siaran live streaming di channel YouTube milik pesantren.

Kami menyadari, situasi dan kondisi yang tidak memungkinkan saat ini, membuat kami harus menahan diri untuk tidak menyaksikan secara langsung kegiatan anak-anak di pondok.

Kami sebagai orang tua sangat terobati dengan penampilan putra/putri kami dari share video dan channel YouTube milik pesantren. Ternyata anak-anak menampilkan kreasi yang sangat memuaskan. Mengingat waktu latihan yang terbatas. Tapi mereka bisa melakukan yang terbaik.

Suatu kebanggan orang tua melihat anak-anak yang begitu semangat berkreativitas di depan umum. Selain melatih keberanian, juga melatih kekompakan antar sesama teman lain yang terlibat dalam satu pertunjukan tari.

Kaka yang terpilih sebagai salah satu penari di tarian campuran, terlihat begitu elok dan senang. Dengan menari Bungong Jempa dari Aceh, Manuk Dadali dari Jawab Barat, tarian Arab dan tarian India, Kaka bersama teman-temannya menampilkan tarian yang membuat hati berbunga-bunga. Bahagia bisa melihat keceriaan yang terlihat dari senyuman mereka.

Rasa khawatir dengan anak-anak selama ini mulai menguar melihat mereka tampak baik-baik saja dan menikmati kehidupannya di pesantren. Terlebih lagi ada hiburan semacam pekan perkenalan di hari Minggu kemarin, membuat anak-anak tak merasakan kejenuhan.

Pekan perkenalan Khutbatul ‘Arsy ini memang diperuntukkan bagi santri/santriwati baru. Harus hidup dan menuntut ilmu, jauh dari orang tua, tentunya merupakan beban yang tidak mudah untuk dijalani.

Namun pesantren ini selalu memiliki cara agar anak kerasan tinggal di pondok dan berusaha semaksimal mungkin membuat anak tak selalu memikirkan keluarganya di rumah. Sehingga mereka bisa fokus menuntut ilmu dan menjalani kegiatan mandiri selama di pesantren.

Hal tersebut sudah mulai diperlihatkan Kaka. Jika biasanya saat dijenguk ia akan berlinang air mata ketika melihat kami, tapi kini ia mulai terbiasa, menampakkan wajah senang dan tanpa beban.

KaKa juga bercerita jika kini ia mula terbiasa dengan kegiatan pondok. Melakukan semuanya sendiri, berbaur bersama teman-teman dari berbagai kota dan mengikuti rangkaian kegiatan pondok yang padat dari mulai subuh hingga malam hari.

Kegiatan proses belajar mengajar yang berkaitan dengan keagamaan tentunya menjadi dasar dan utama dalam pembelajaran di pesantren. Pengenalan bahasa Arab dan Inggris yang menjadi bahasa sehari-hari di pesantren, sudah mulai diterapkan sedikit demi sedikit.

Semoga seiring berlalunya hari, berlaku pula wabah yang melanda negeri ini. Agar kami sebagai orang tua bisa leluasa menejenguk anak-anak di pesentren dan berkomunikasi dengan pihak sekolah mengenai kegiatan-kegiatan anak-anak.

Foto : Penampilan pentas tari santriwati yang diabadikan dari atas pondok pesantren

rumahmediagrup/bungamonintja

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.