Kuliner Khas Cirebon

Kuliner Khas Cirebon

Berbicara mengenai kuliner memang tak pernah ada habisnya. Beragam jenis masakan, panganan sampai minuman patut dicoba jika berkesempatan mengunjungi kota lain di luar daerah sendiri.

Bagi pecinta kuliner yang berkesempatan singgah di Cirebon, tak akan lengkap rasanya jika tak mencicipi beragam jenis kuliner yang sudah terkenal di seluruh Indonesia.

Cirebon memiliki kekayaan kuliner yang beragam dan bercita rasa khas. Kelezatannya membuat banyak wisatawan ketagihan saat berkunjung kembali ke kota udang ini.

Di sepanjang jalan Cirebon, beragam kuliner khas dijajakan. Harganya pun bervariatif dan ramah di kantong. Tidak hanya itu, oleh-oleh khas Cirebon pun turut meramaikan pasar kuliner yang tak pernah sepi pengunjung.

Ada banyak makanan khas Cirebon yang kelezatannya tak diragukan lagi, namun ada beberapa yang sudah menjadi ciri khasnya kota wali ini. Diantaranya adalah :

  1. Empal Gentong
    Empal gentong berasal dari desa Battembat, kecamatan Tengah Tani, Kabupaten Cirebon. Makanan ini mirip seperti gulai yang dimasak dalam sebuah gentong/periuk dari tanah liat. Daging yang digunakan adalah daging sapi, usus dan babat. Diberi taburan daun kucai dan cabe bubuk sebagai pelengkap. Cita rasanya yang khas membuat makanan ini menjadi menu yang wajib dicoba wisatawan yang singgah di Cirebon.

Dengan harga berkisar dari 15.000-25.000 rupiah kita sudah bisa menikmati semangkuk empal gentong lengkap dengan nasi/lontong.

  1. Nasi Jamblang
    Nasi (sega) jamblang berasal dari desa Jamblang, Kabupaten Cirebon. Nasi yang dibungkus menggunakan daun jati ini bertujuan agar nasi tidak cepat basi dan memiliki cita rasa tersendiri. Sebagai pelengkap disediakan berbagai lauk-pauk seperti tahu, tempe, telur dadar, sate telur puyuh, saye kentang, paru, cumi kuah hingga sambal irisan cabe merah.

Nasi jamblang ini bisa kita nikmati dengan harga dari 2.000-20.000 rupiah, harga yang bervaritif tergantung jenis lauk yang kita pilih.

  1. Docang
    Docang merupakan singkatan dari kata bodo (bacem oncom dage) dan kacang (kacang hijau yang sudah jadi toge). Seporsi docang berisi lontong yang diiris kecil-kecil, daun singkong rebus yang diiris kasar, toge yang sudah direbus, parutan kelapa lalu diberi kuah sayur oncom dage dan kerupuk putih. Docang merupakan makanan para wali dan sudah menjadi ciri khas kuliner turun temurun di Cirebon hingga saat ini.

Harga yang ditawarkan relatif cukup murah, hanya dengan merogoh kocek 5.000-7.000an kita bisa mencicipi hidangan docang yang biasa dikonsumsi pagi dan sore hari ini.

  1. Tahu Gejrot
    Tahu gejrot berasal dari Desa Jatiseeng, Kecamatan Ciledug, Kabupaten Cirebon. Kuliner ini berbahan dasar tahu gembos yang dipotong kecil-kecil lalu disiram dengan kuah berbahan gula merah, sedikit bawang merah tumbuk dan ulekan cabai rawit.

Penyajian tahu gejrot pun cukup berbeda. Dengan menggunakan piring kecil yang terbuat dari gerabah/tanah liat membuat tahu gejrot ini memiliki ciri khas panganan khas Cirebon yang unik.

Harga tahu gejrot pun berkisar antara 5.000-8.000 rupiah.

  1. Rujak Kangkung
    Rujak kangkung merupakan panganan yang sangat digemari warga Cirebon. Selain bahan-bahannya yang murah meriah, rasanya yang bercita rasa asam, manis, pedas juga menggugah selera. Berbahan dasar kangkung yang sudah direbus kemudian diberi sambal racikan gula merah, terasi, asam jawa dan cabai rawit.

Rujak kangkung ini tak hanya menjadi kuliner sehari-hari, akan tetapi sudah menjadi menu andalan di berbagai acara hajatan karena cita rasanya yang khas.

Harga yang ditawarkan pun beragam. Dari mulai 3.000-10.000 rupiah kita sudah bisa menikmati sensasi pedas asam manis dari rujak kangkung ini. Apalagi jika ditambah dengan kerupuk melarat yang juga merupakan panganan khas Cirebon, menambah kenikmatan tersendiri.

  1. Kerupuk Melarat / Kerupuk Miskin
    Kerupuk melarat atau biasa.disebut juga kerupuk miskin merupakan makanan ringan yang digoreng tidak menggunakan minyak alias hanya menggunakan pasir. Kerupuk ini menjadi pelengkap untuk panganan rujak kangkung, sambal asam, sambal dage dan soun.

Warna-warni dari kerupuk ini pun membuat menarik. Rasanya yang gurih dan sedikit manis nikmat pula dimakan langsung. Harga per kantong plastik biasanya dibandrol 4.000-15.000 rupiah, tergantung seberapa banyak isinya.

  1. Sirup Tjampolay
    Sirup tjampolay diproduksi oleh Tan Tjek Tjiu pada 11 Juli 1936 di kota Cirebon. Sirup yang terbuat dari buah Campolay (Sawo Belanda) ini menjadi salah satu kekayaan kuliner di Cirebon yang wajib menjadi oleh-oleh bagi para wisatawan.

Dibuat dengan bahan dan pemanis alami, sehingga aman dikonsumsi setiap hari. Sirup tjampolay ini sangat cocok menjadi pelengkap pada aneka minuman seperti kelapa muda dan es buah.

Terdapat varian rasa sirup diantaranya rozen rose, melon, kopi, mangga gedong gincu, pisang susu dan lain-lain. Dibandrol dengan harga kisaran 24.000 rupiah kita sudah bisa menikmati sirup yang beraroma wangi ini.

Cirebon yang dikenal sebagai kota udang memang memiliki segudang cerita budaya, tempat wisata dan tentu kulinernya yang unik. Tak ada salahnya jika berkesempatan bertandang ke Cirebon, kita icip-icip kuliner khasnya yang pasti menggugah selera.

Masih banyak kuliner khas dari kota para wali ini yang belum diketahui banyak orang, seperti mie koclok, bubur sop ayam, nasi lengko, sate kentang, empal asam, pedesan entog, botok roti, dan lain-lain.

Berwisata kuliner itu perlu untuk lebih mengenal makanan khas dari kota yang tersebar di seluruh Indonesia. Warisan budaya yang patut kita jaga agar kekhasannya tetap menjadi ciri dari kekayaan kuliner Indonesia.

Tulisan yang pernah dipost dalam event Nubar Bla Rumedia, 17 Desember 2019

rumahmediagrup/bungamonintja

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.