Qurrota ‘Ayun

Qurrota ‘Ayun

Siang itu, dalam shaf sholat Dzuhur, kulihat seorang anak kecil yang akhir-akhir ini mencuri perhatianku, karena ketelatenannya sholat berjamaah di masjid.

Anak ini punya kebiasaan, seusai salam dalam sholat, ia akan beranjak menghampiri jamaah dewasa yang bergeser duduk di belakang dan duduk di sebelahnya. Laiknya aku, kali itu aku mendapat “giliran” didekati olehnya dan ia pun duduk di sebelahku tanpa berucap. Dalam satu kesempatan aku mengajaknya bercakap-cakap.

“Kamu sekolah MI, ya?” Tanyaku, karena memang tidak jauh dari masjid ini ada sekolah MI.

“Iya.” Jawabnya.

“Ayahmu yang mana?” Lanjutku sembari mengisyaratkan padanya minta ditunjukkan keberadaan

ayahnya di antara para jamaah yang ada. Namun, jawabanya di luar dugaanku.

“Lagi kerja.” Ucapnya.

Cukup kaget aku mendengar jawabannya, jadi ruitnitas shalat berjamaah itu ia lakukan tanpa kehadiran ayahnya, luar biasa, aku berucap dalam hati. Entah apa yang menjadikannya demikian, di saat banyak anak-anak seusianya tenggelam dalam permainan di smart phone, sehingga lupa waktu.  Peran ibulah yang ternyata membuatnya giat seperti yang kulihat.

Anak ini bercerita, menjelang Shubuh ibunya akan segera membangunkan dan mengingatkan bahwa sebentar lagi adzan Shubuh berkumandang. Maka tak heran ia pun hampir tak pernah terlewatr shalat berjamaah di masjid. Ada peran seorang ibu yang begitu peduli terhadap ruhiyah atau keagamaan anaknya.

Hal ini mencerminkan betapa pentingnya peran seorang ibu bagi kesholihan keluarganya. Ibu adalah madrasah pertama dan utama bagi anak, pencetus generasi unggul bersama suami tercinta. Sebab itulah, tak ada kata berhenti belajar bagi seorang ibu dan ayah, demi masa depan keluarga yang mereka bina. Menjadi keluarga yang sakinah, mawaddah, warohmah.

(rumahmediagrup/wahyudinaufath)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.