Kau Kira Gadget Itu Temanmu !

Seri Pentigraf

Memperkenalkan penggunaan gadget kepada anak-anak lebih mudah daripada kepada orang dewasa. Si kecil Gendhis sudah bisa menggunakan gadget sejak usia 1 tahun. Dia bisa bermain game dengan baik. Di umur 3 tahun ini, pada saat jadwal pegang gadgetnya diberikan, dia minta agar maminya membantu mencarikan kartun kesukaannya. Sang mami membukakan linknya dan kemudian dia menontonnya.

Tidak demikian dengan neneknya, neneknya mengajarkan untuk mencari kata kuncinya dengan menyentuh tombol huruf sesuai dengan judul kartun yang dicarinya. Mungkin karena neneknya seorang guru, maka gadget merupakan bagian dari literasi dasar yaitu membaca dengan cara memperkenalkan huruf kepada anak. Itu pun bisa dilakukan dan menjadi kenyataan Gendis mengenal huruf yang telah diajarkan.

Agar dia bisa mandiri dalam membuka YouTube, sang Mami mengajarkan kepadanya untuk membuka YouTube dengan menggunakan kata kunci dengan voice. Sejak saat itu dia membuka kartun kesayangannya dengan voice. Ternyata bukan hanya satu channel saja yang dia buka, dia mulai mengenal channel-channel yang lain. Mulailah dia bereksplorasi. Tentu dalam pendampingan. Dia menyebutkan kata kunci untuk channel YouTube yang dia inginkan. Dia sebutkan Kue tart warna pink. Kemudian muncullah kue tart warna pink, tetapi sebenarnya itu bukanlah yang dia inginkan. Dia menyebut lagi sebuah kata kunci, Kue tart Mickey mouse. Maka gambar kue ntar Mickey mouse keluar. Namun ternyata ini bukanlah yang dia inginkan juga. Kemudian dia menyebutkan lagi sebuah kata kunci, dengan intonasi yang agak meninggi, lebih lantang dan sedikit marah kepada gadget yang dia pegang, karena tidak mengabulkan keinginan yang dia minta melalui kata kunci yang dia ucapkan. “Gendhis mau kue tart Mickey mouse yang pink…!” Keluarlah kue tart Mickey mouse warna pink. Ekspresinya berubah tersenyum. Dasar anak-anak… Dia kira gadget itu temannya, maka serta merta dia bisa menuntut semau keinginan dia.

Lumajang, 14062020

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.