Berpulangnya PRA Arief Natadiningrat

Berpulangnya PRA Arief Natadiningrat

Innalillahi Wa Inna Ilaihi Roji’un ….

Kembali Cirebon kehilangan salah satu tokoh keraton yang dikenal sopan dan aktif dalam berbagai organisasi. Kabar duka tersebut datang dari Keraton Kasepuhan Cirebon, Jawa Barat.

Sultan Sepuh XIV Pangeran Raja Adipati Arief Natadiningra telah meninggal dunia. Pihak keluarga Keraton Kasepuhan Cirebon menginformasikan, Sultan Sepuh wafat sekitar pukul 05.20, pada hari Rabu (22/7/2020) di usianya yang ke-54 tahun.

Menurut putra kedua PRA Arief Natadiningrat, PRA Luqman Zulkaedin, Sultan Sepuh beberapa tahun ini menderita sakit Kanker Usus. Meninggalnya beliau setelah kondisinya drop usai menjalani kemoterapi untuk penyembuhan penyakit yang dideritanya sejak tahun 2016 lalu.

Meninggalnya Sultan Kasepuhan Cirebon XIV PRA Arief Natadiningrat meninggalkan duka yang mendalam dari sejumlah tokoh, pejabat, para sultan dari beberapa keraton dan juga masyarakat kota Cirebon.

Perjalanan PRA Arief Natadiningrat

PRA Arief Natadiningrat naik takhta sebagai Sultan Sepuh XIV pada 9 Juni 2010. Beliau menggantikan ayahnya, Sultan Sepuh XII, tepat 40 hari setelah wafatnya.

Sultan Sepuh juga aktif di 30 organisasi, termasuk Ketua Asosiasi Pengusaha Pengadaan Barang dan Jasa Indonesia (ASPANJI) di Jawa Barat dan Ketua Asosiasi Perdagangan Barang, Distributor, Keagenan dan Industri (ARDIN) Jawa Barat.

Selain itu, Sultan Sepuh juga aktif bersosialisasi di media sosial untuk menginformasikan segala sesuatu tentang istana, acara pariwisata, dan berbagai kegiatan di lingkungan istana Kasepuhan. Sejauh ini, PRA Arief Natadiningrat memang yang paling aktif di dunia media sosial di antara para sultan nusantara.

Ayah dari tiga putra dan satu putri ini juga menjabat sebagai Ketua Asosiasi Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kota Cirebon dan Ketua Badan Pengembangan Andalan Ciayumajakuning (Cirebon-Indramayu-Majalengka-Kuningan).

Dari pernikahannya dengan Syarifa Isye, pria kelahiran Cirebon, 5 September 1965 itu memiliki 4 orang anak yaitu Elang Raja (ER) Ari Rahmanudin, ER Lukman Zulkaedin, Ratu Raja (RR) S. Fatimah Nurhayani, dan ER Muhammad Nusantara.

Tahun 2004-2009, PRA Arief Natadiningrat pernah menjabat sebagai anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) mewakili Jawa Barat.

Sultan Sepuh menempuh pendidikan di SDN Pengampon III Cirebon (1971-1977), SMP Negeri 1 Cirebon (1978-1981), SMA Negeri 2 Cirebon (1981-1984), dan kuliah di Universitas Islam Nusantara Bandung (1984-1990) dengan lulus menjadi Sarjana Ekonomi.

PRA Arief Natadiningrat dimakamkan di Kompleks Astana Gunung Sembung, Desa Astana, Kecamatan Gunung Jati, Kabupaten Cirebon.

Sumber Referensi :

https://cirebon.tribunnews.com/amp/2020/07/22/breaking-news-sultan-sepuh-xiv-keraton-kasepuhan-cirebon-pra-arief-natadiningrat-meninggal-dunia

rumahmediagrup/bungamonintja

One comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.