PESANGGRAHAN YUDANDA part-2

YUDANDA (JOGOYUDAN DUA = SDN JOGOYUDAN 02) menjadi bagian dari garis yang telah Allah tuliskan bagi kepala sekolah Dra. Nurilatih, sebagai lahan ibadah. Sebuah lembaga pendidikan dasar yang seharusnya mendapatkan perhatian khusus. Jumlah siswa yang semakin menurun, menjadikan keprihatinan pendidik di lembaga ini. Juli 2019 tahun pelajaran 2019-2020 mendapatkan siswa 6 anak dengan pagu 28 siswa sehingga masih kekurangan siswa 22 anak pada kelas satu.

Ketika bulan September tahun 2019 Nurilatih ditugaskan di lembaga ini, dia mengajak para guru untuk membuat brand sekolah yang bisa dikembangkan untuk menjadi andalan. Tentu dengan menggali potensi yang ada di sekolah ini. Meski kesulitan yang begitu berat dalam mencari potensi yang ada di sekolah ini, mereka tetap harus memutuskan apapun yang akan mereka buat agar pendidikannya layak jual. Sampailah pada keputusan untuk membuat brand sekolah yaitu sekolah unggul berbasis literasi.

Prestasi siswa-siswi dan pendidik pembina

Pada bulan pertama langkah yang mereka lakukan adalah mengajak anak-anak untuk mencipta puisi dan diterbitkan secara antologi. Terbitlah buku ber-ISBN dengan judul “Goresan Yudanda”. Penolakan memang sedikit ada dari beberapa Guru dan menyampaikan sepertinya ini tidak mungkin, karena literasi baca tulis masih enggan dilakukan oleh anak-anak. Namun dengan semangat tinggi dan motivasi untuk maju, setiap momen, event di portofoliokan dan dirancang untuk diterbitkan menjadi sebuah buku. Buku yang diterbitkan bukan hanya terbitan dari penerbit, tetapi juga dibukukan sendiri secara manual. Yang terakhir untuk memberikan nilai tambah, kami membuat almari yang berbentuk orang-orangan. Di bagian tubuhnya dibuat kotak kotak dengan ukuran sesuai dengan buku-buku standar yang bisa diletakkan di sana. Ini pula yang memberikan tambahan motivasi terhadap perkembangan literasi di SDN Jogoyudan 02, sehingga hasil karya siswa semakin meningkat dan telah terbit beberapa buku baik dari guru maupun siswa.

Ibarat air dingin berdampingan dengan air panas, terjadilah difusi. Motivasi ini berkembang, tenaga pengajar semakin peka dan mengembangkan potensi anak didik. Hasil kerja keras serta jiwa yang tulus dalam kinerja, dalam masa pandemi, M. Hidayat dibantu M. Hasan berhasil membawa anak-anak mendulang piala kemenangan lomba online. Dari bulan April sampai bulan Juli telah meraih 17 piala kemenangan di berbagai lomba online tersebut dan perolehan PPDB meningkat 2 kali dari tahun sebelumnya yaitu dari mendapatkan 6 siswa menjadi 14 siswa. Alhamdulillah semoga Yudanda SDN Jogoyudan 02 tetap jaya dan berprestasi melalui literasi.

Jogoyudan, 24072920

Foto karya Nurilatih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.