Mati Tak Harus Tua

Suatu hari, saat pulang kerja, saya harus melihat kenyataan yang mengejutkan. Saya melihat tubuh adik saya yang sudah terbujur kaku. Orang-orang sudah banyak berkerumun di rumahnya. Saya sangat kaget karena sebelumnya tak mendengar kalau dia sakit. Bahkan dua hari sebelumnya dia berkunjung ke rumah saya. Bercerita dan ngobrol segala masalah, tak sedikit pun saya melihat kalau dia sakit parah. Namun hari itu saya harus merelakan kepergiannya karena dipanggil Yang Maha Kuasa secara mendadak. Meninggalkan anak istrinya, ibunya dan saya sebagai kakaknya.

Ternyata kematian bisa datang kapan saja tanpa mengenal usia, status sosial,  ataupun kondisinya, baik sehat atau sakit.  Jika sudah takdirnya,  manusia tidak mempunyai kemampuan untuk menolaknya. Sekalipun berada di dalam benteng yang tinggi,  kita tak bisa menghindarinya.  Firman Allah dalam surat Al-Anbiya ayat 35:

كُلُّ نَفْسٍ ذَآئِقَةُ اْلمَوْتِ، وَنَبْلُوْكُمْ بِالشَّرِّ وَالْخَيْرِ فِتْنَةً, وَإِلَيْنَاتُرْجَعُوْنَ.

Artinya : tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yang sebenar-benarnya). Dan hanya kepada Kamilah kamu dikembalikan.

Dari ayat tersebut dijelaskan bahwa siapa pun yang namanya makhluk bernyawa itu pasti akan mati.  Bahkan Allah telah mencobanya dengan berbagai keburukan dan kebaikan. Kita sebagai manusia jangan lengah dengan kesenangan-kesenangan dunia yang telah melenakan. Kita harus ingat pula akan kematian yang merupakan pemutus hubungan dengan makhluk lainnya. Lalu apa yang harus kita lakukan di dunia ini ? tentu saja sebagai makhluk Tuhan kita harus banyak mendekatkan diri kepada Allah SWT karena jika ajal sudah menjemput kita sudah tidak bisa berbuat apa-apa. Bukankah Allah sudah menciptakan jin dan manusia semata-mata untuk beribadah kepada-Nya. Maka sepatutnyalah kita sebagai manusia harus banyak banyak beribadah kepada-Nya karena kita tidak tahu berapa lagi kita akan hidup di dunia yang fana ini.

Dalam Al-Qur’an surat Al Waqi’ah ayat 60 tertulis

نَحْنُ قَدَّرْنَابَيْنَكُمُ اْلَمَوْتَ وَمَانَحْنُ بِمَسْبُوْقِيْنَ

Artinya: Kami telah menentukan kematian diantara kamu dan Kami sekali-kali tidak akan dapat dikalahkan.

Dari ayat tersebut sudah jelas bahwa hanya Allahlah yang akan menentukan kematian kita.  Manusia tidak bisa mengelak.  Seperti apa yang terjadi pada saudara saya. Tuhan telah memanggilnya di usia yang masih muda, 38 tahun. Kematiannya sungguh mendadak tanpa sakit terlebih dahulu. Kita bisa mengambil hikmah dari peristiwa itu bahwa kita tidak bisa menghindari apa yang sudah menjadi kehendak-Nya. Dan selayaknya kita harus sudah mempersiapkan diri bekal apa yang akan dibawa jika Tuhan sudah memanggil. Tak ada yang bisa kita bawa kecuali segala amal kita selama hidup di dunia.

Allah dan Rasul-Nya memberi nasihat kepada kita agar jangan sampai kita mati kecuali dalam keadaan muslim (berserah diri) . Hal ini sudah tercantum  dalam Al – Qur’an surat Ali Imran ayat 102 :

يَاآيُّهَاالَّذِيْنَ أآمَنُوْاا تَّقُواْالَّلهَ حَقَّ تُقَاتِهِ ,وَلآتَمُوْتُنَّ إلآّوَأَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ,

Artinya : Hai orang-orang yang beriman bertaqwalah kalian kepada Allah dengan sebenar-benarnya taqwa kepada-Nya. Dan janganlah kalian mati melainkan dalam keadaan islam.

Rasulullah juga bersabda yang artinya “orang yang mukmin adalah orang yang paling baik akhlaknya. Orang yang cerdas adalah orang yang paling banyak mengingat kematian dan paling baik dalam mempersiapkan bekal untuk menghadapi kehidupan setelah kematian”.

Oleh karena itu, marilah kita selalu meningkatkan ketaqwaan dan keimanan kita sehingga ketika datang kematian, kita dalam keadaan islam. Bertaqwa kepada Allah adalah dengan taat menjalankan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya. Semoga saja ketika datang kematian dalam keadaana husnul khotimah. Aamiin.

Referensi :

  • wattpad.com,
  • bimbinganislam.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.