Narasi kematian



::Narasi Kematian::

Kematian adalah akhir dari kehidupan, ketiadaan nyawa dalam organisme biologis. Semua makhluk hidup pada akhirnya akan mati secara permanen, baik karena penyebab alami seperti penyakit atau karena penyebab tidak alami seperti kecelakaan.

Jika kematian itu dapat diketahui, tentulah setiap makhluk terlebih manusia akan mempersiapkan diri dengan sebaik mungkin.

Bagaimana mungkin menghadap sang Pencipta dengan biasa-biasa saja. Sudah tentu harus dengan persiapan yang matang dan istimewa. Tidak mau berantakan saat bertemu sang Maha Indah.

Biasanya orang teringat sebuah kematian saat dirinya sakit dan tak kala melihat sebuah kematian.

Saat tergeletak sakit tak berdaya, tak jarang orang berpikir bahwa hidupnya tak lama lagi. Meski saat sakit kita harus tetap berpikir positif akan sembuh, namun bayang kematian terkadang melintas.

Sudah cukupkah bekal yang kita miliki untuk menghadap Tuhan?
Adakah yang bisa memastikan kapan dirinya akan mati?

Tak ada yang bisa memastikan kapan kematian menjemput. Pun tak ada yang mampu memastikan bahwa diri telah memiliki bekal yang cukup. Tak ada yang bisa memastikan kapan Malaikat pencabut nyawa datang. Karena kematian adalah sebuah misteri.

Maut tidak mengenal usia dan tidak mengenal kasta. Ada yang pagi hari terlihat segar-bugar, siangnya sudah tiada. Ada yang sakit sudah menahun, akhirnya sehat kembali.

Selayaknya kita mempersiapkan diri jika suatu waktu dipanggil olehNya. Saat itulah kontrak kita di dunia selesai. Tak ada bekal terbaik selain amalan saleh kita saat hidup di dunia.

وَلِكُلِّ أُمَّةٍ أَجَلٌ فَإِذَا جَاءَ أَجَلُهُمْ لَا يَسْتَأْخِرُونَ سَاعَةً وَلَا يَسْتَقْدِمُونَ

Tiap-tiap umat memiliki batas waktu. Maka ketika waktu itu telah tiba, mereka tidak dapat memundurkannya barang sesaatpun dan tidak dapat (pula) memajukannya. – (Q.S Al-A’raf: 34)

Kematian adalah rahasia Tuhan. Ia tetap menjadi misteri bagi makhluk.

rumahmediagroup//afaf.aulia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.