Bukan Malin Kundang

Oleh: Eti Nurhayati

Siapa tak kenal Malin Kundang? Tokoh anak durhaka dalam cerita Indonesia. Kutukan seorang Ibu yang amat menakutkan, yakni dikutuk menjadi batu.

Bukan Malin Kundang, tetapi pada kenyataannya banyak anak yang durhaka pada ibunya. Menyakiti lahirnya, batinnya, menelantarkannya bahkan ada yang sampai tak mengakuinya seperti kisah dalam cerita Malin Kundang.

Sesungguhnya, menghormati dan memuliakan orang tua menjadi kewajiban semua anak yang dilahirkan dan dibesarkan dalam keluarga itu. Bagaimanapun keadaannya. Terlepas dari apakah keluarga itu kaya atau miskin, apakah orang tua itu pejabat atau pegawai biasa, apakah keturunan ningrat atau rakyat jelata. Semuanya wajib menghormati orang tua.

Islam mengharuskan setiap anak menghormati kedua orang tuanya, terutama Ibunya. Dalam Surat Luqman:14, Alloh subhanahu wata'ala berfirman,

“Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu bapaknya,ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah dan bertambah tambah dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu.”

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, beliau berkata, “Seseorang datang kepada Rasullullah SAW dan berkata, ‘ Wahai Rasullullah kepada siapa aku harus berbakti pertama kali?’ Nabi SAW menjawab ‘Ibumu!’. Dan orang tersebut bertanya lagi ‘ Kemudian siapa lagi?’ Nabi SAW menjawab’Ibumu!’. Orang tersebut kembali bertanya, ‘Kemudian siapa lagi?’ Nabi SAW menjawab ‘Ibumu!’. Orang tersebut bertanya lagi,’Kemudian siapa lagi?’ Nabi SAW menjawab, ‘Kemudian ayahmu’.” (HR Bukhari Muslim).

Anjuran agar anak berbakti kepada orang tuanya juga ada dalam surat Al Isra :23

“ Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia”.


Dari uraian tersebut, kita dapat menyimpulkan bahwa sebagai muslim kita diperintahkan untuk berbuat baik kepada Ibu bapak kita, jangan durhaka kepada keduanya.

Wallahu’alam bissawab

Keterangan: Ilustrasi gambar dari internet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.