Suara di Balik Jendela

Pentigraf curhat pendurhaka pada ibunya

Kesibukan Yu Atin semakin meningkat semenjak jualannya ada variasi. Sekarang tidak hanya berjualan mi goreng, tetapi berkembang menjadi banyak pilihan. Warungnya lebih menarik, baik dari segi macam-macam masakan, rasa maupun dari tatanan ruangnya. Sedangkan untuk Yu Atin sendiri secara tampilan sudah melebihi standar. Dia selalu cantik dengan baju yang selalu terjaga kemodisannya.

Dari jendela belakang rumah Yu Atin, terdengar suara isak tangis. Yu Tun, tetangganya sedikit curiga, karena suara itu bersumber dari jendela rumah Yu Atin yang sedikit terbuka. Karena kepo, sang tetangga mengintip dari jendela yang sedikit terbuka itu. Ternyata yang menangis adalah ibunda dari yu Atin yaitu Bu Sakir. Tanpa pikir panjang Yu Tun loncat jendela. Tentu saja ini dia lakukan, karena dia sudah begitu dekat dengan Bu Sakir. Berkat kedekatannya pula, Yu Tun berhasil menghibur Bu Sakir, setelah beliau curhat bahwa putrinya yaitu Yu Atin telah memaki-maki dirinya.

Pukul 09 malam yu Atin pulang dan datang dengan serampangan. Dia segera menemui ibundanya dan bersujud di kakinya, bahkan diciumnya kaki Bu Sakir dengan seribu maaf. Kata itu terbata diucapkan. Getaran hati dan rasa bersalah telah menyakiti ibunya mengguncangkan dadanya. Ibunya diam. “Ibu maafkan aku sejak kembali dari rumah menuju warung, hingga detik ini pukul 09 malam, selama 3 jam ini tidak satu pun ada pembeli. Sedangkan biasanya aku kewalahan menghadapi pembeli yang tidak bisa dihentikan.” Mendengar isak tangis dari anaknya Bu Sakir luluh hatinya. Tanpa berpikir panjang sang ibunda meluncurkan doa untuknya. Kemudian beliau meninggalkan pesan moral, “Ojo trapas-trapas nggonmu ngomong nduk. Mundak adoh rejekimu” tanpa membantah Yu Atin mengiyakan dan mencium kaki ibunya sekali lagi. Ibu yang telah disia-siakan dalam padatnya pekerjaan untuk mengejar duniawi.

Asparaga, 3 Agustus 2020

Catatan: Ojo trapas-trapas nggonmu ngomong nduk. Mundak adoh rejekimu (trapas: boros. Jadi: Jangan terlalu boros dalam berbicara nak. Menyebabkan jauh rezeki)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.