Kertas tagihan

::Kertas Tagihan::

Wanita itu menjajarkan beberapa lembaran kertas. Setiap awal bulan datang, ia mulai mengkalkulasi kebutuhan keluarga.

Biasanya yang paling awal dihitung adalah biaya bulanan sekolah empat orang anaknya. Setelah itu baru keperluan tagihan bulanan rumah seperti air dan listrik.

Tinggal di perumahan pinggiran kota, air pun milik pemerintah, yang harus dibayar setiap bulannya sesuai pemakaian selama 1 bulan.

Wanita yang masih terlihat cantik diusianya yang menginjak empat puluh itu, termangu sendiri di meja makan. Tempat favoritnya saat sendirian. Di hadapannya, kertas-kertas itu bagai tatapan mata buah hatinya, yang menunggu sang Ibu berkata, “ini bayaran sekolahmu ya, Nak!”

Namun kali ini hatinya berkecamuk. Sejak pandemi yang melanda negeri. Bukan hanya para pegawai yang terkena imbas. Usaha suaminya juga nyaris pailit. Meski sang suami tak pernah mengatakan kesulitan, tetapi ia dapat merasakannya.

Hanya anak tertua yang sudah bisa diajak bicara tentang kondisi keuangan keluarga. Ia masih bergeming. Tiba-tiba saja seraut senyum menghias bibir tipisnya.

Akhirnya ia memutuskan untuk tetap tersenyum dan berbaik sangka kepada Tuhan. Ia yakin akan selalu ada jalan keluar bagi yang mau berusaha.

Wanita itu mengumpulkan kembali kertas-kertas yang berjajar rapi di atas meja makan. Disimpannya dalam kotak berkas bulanan, agar tak terlupa. Total nominal seluruh tagihan itu nyaris menyentuh 7 digit.

Tak ada yang mustahil dalam Bumi-Nya. Seraya menutup malamnya dengan berdoa dan memohon ampun untuk semua kekhilafan di hari yang telah lalu.

rumahmediagroup//afafaulia18

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.