Pejuang Pop Mi

Pejuang Pop Mi

Pak Miko adalah seorang kepala sekolah SD. Ia bertugas di Desa Banjarharjo, Brebes, Jawa Tengah. Sekolahnya terletak di perbatasan dengan Jawa Barat.

Seperti biasa Pak Miko berangkat pagi-pagi. Ia orang yang sangat disiplin. Teman sejawatnya mengakui kedisiplinannya. Lebih-lebih bawahannya yang hanya 4 orang. Guru kelas 1 dan 2 dirangkap oleh satu orang. Pak Miko ikut mengajar kelas 3. Tidak ada guru mata pelajaran Agama dan Olahraga. Sehingga semua guru mengajar semua mata pelajaran.

Pak Miko rajin melaksanakan puasa sunah. Terutama Senin dan Kamis tidak dilewatkan. Menurutnya, berpuasa itu selain karena ibadah kepada Allah Swt juga menjaga kesehatan dan melatih hidup hemat.

Hari itu, pak Miko tidak berpuasa sunnah. Iya harus berkunjung ke rumah siswa yang sudah beberapa hari tidak sekolah. Begitulah sifat peduli pak Miko sangat tinggi.

Sepulang berkunjung, perutnya terasa lapar. Pak Miko membuka dompet, ternyata tersisa tiga belas ribu rupiah. “Lumayan, cukuplah untuk makan siang,” gumamnya.

Tidak lama kemudian datang seorang pengemis. “Permisi, Pak. Mohon bantuannya. Saya belum makan,” ucap pengemis.

“Apakah kamu belum mendapat uang hari ini?” tanya pak Miko.

“Dapat, Pak tapi cuma dua ribu rupiah,” jawabnya.

“Oh, yaudah ini lima ribu rupiah,” kata pak Miko.

Alhasil, uang pak Miko tersisa delapan ribu rupiah. “Mana cukup untuk beli nasi. Aku beli pop mie saja,” gumam pak Miko.

Perjalanan ke toko sembako. Ia membayangkan hari ini makan siang dengan pop mie. Kenetulan ada air dispenser panas di ruang kerjanya.

Sampai di toko sembako, ternyata tutup. “Aduh, di mana lagi warung sembako?” tanyanya dalam hati.

Pak Miko balik ke sekolah. Ia harus menyelesaikan beberapa pekerjaan. Para guru telah pulang. Di saat itu, kebetulan lewat tukang bakso keliling. “Mang bakso, beli satu mangkok. Ini uangnya ya, delapan ribu,” katanya.

“OK, Pak,” jawab tukang bakso.

Tiba-tiba datang tamu yang sudah sangat dikenalnya. “Mang bakso, buatkan saya satu, ya. Nanti dibayar oleh Pak Miko sekalian,” kata orang itu.

Rumahmediagrup/saifulamri

One comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.