Kehilangan

Kehilangan

Aku sungguh tak menyangka, beliau akan pergi secepat itu. Memang pada momen Idul Fitri kala itu, dirinya sudah tampak tak biasa, wajahnya kelihatan pucat dengan tubuh yang semakin kurus dan terlihat ringkih. Saat itu ia hanya bisa sebentar dapat berkumpul bersama dengan keluarga besar di ruang pertemuan keluarga. Selebihnya beliau berdiam di kamar  mengistirahatkan diri. Kelelahan karena penyakit yang ia derita tampaknya memaksanya untuk banyak beristirahat.

Itulah momen Idul Fitri terakhir bersamanya, secepat itu beliau pergi. Pada hari yang fitri tersebut, suaminya berinisiatif mengajak seluruh keluarga besar berfoto bersama dengan beliau, entah suaminya sudah merasakan firasat tentang kematiannya atau hanya memanfaatkan momen saja, entahlah. Antusiasme yang ditunjukkan suaminya untuk mengajak berfoto bersama kala itu adalah hal yang pertama dilakukannya, terasa berbeda memang, terlebih abang iparku ini mengucap kata-kata “ Selagi bisa” pada kami semua dihubugkan dengan kondisi istrinya, kakakku.

Almarhumah sangat dekat denganku. Kepergian beliau untuk selamanya menorehkan rasa kehilangan yang mendalam. Ya, kehilangan sosok kakak yang begitu akrab dan mengayomi terhadap adik-adiknya, kakak yang ramah, kakak yang acap kali menyambangi ibunda di rumah dan berbagi cerita dalam kehangatan jalinan keluarga. Ah, semua itu selalu tersimpan manis dalam memori kenangan.

Ketika pernikahanku, terasa ada sesuatu yang kurang tanpa kehadirannya. Di sudut hati terasa ada yang kosong. Ingatan pun membentuk bayangkan seandainya ia saat ini berada di tengah-tengah kemeriahan walimah ini, tentu kebahagiaan dan suka cita yang dirasa akan semakin membahana di dalam jiwa. Namun, bagaimana pun itu hanyalah angan-angan. Kakakku telah pergi untuk selama-lamanya. Kematian yang pasti kehadirnnya telah menjemputnya. Biarkanlah segala ingatan tentangnya hanyalah sebatas fitrah alami mengenang sosok tercinta yang pernah hadir dalam kehidupan yang tak menggeser kerelaan terhadap takdir.

Selamat jalan kakakku. Semoga Allah mengampuni segala dosa-dosamu dan kebahagiaan menyelimutimu, mengikis segala susah payah di dunia. Aamiin.

(rumahmediagrup/wahyudinaufath)

Gambar: pixabay

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.