Plus Minus Generasi TikTok

Plus Minus Generasi TikTok

“Bu, aku baru main TikTok bareng temen-temen loh. Kita upload video dengan musik yang asyik.”

“Memang ada manfaatnya bermain begituan, Dek?”

“Seru aja, Bu!”

Percakapan antara ibu dan anak di atas terkadang membuat miris para orang tua dalam menyikapi perkembangan media sosial yang beragam jenisnya.

Begitulah anak zaman now. Seiring perkembangan, generasi pun mulai tergerus oleh adanya berbagai aplikasi yang bertebaran dengan bermacam variasi dan kegunaan.

Salah satu aplikasi yang tengah membumi kini adalahTikTok, yang merupakan aplikasi buatan dari negeri Tirai Bambu, Tiongkok. Platformnya khusus video, musik dan Foto yang di upload dengan tujuan sebagai hiburan dan mendapatkan banyak respon dari penikmatnya.

Jika digunakan dengan baik, aplikasi TikTok ini bermanfaat besar bagi yang menggeluti dunia bisnis, karena dari sini kita bisa membangun brand image yang bagus bila dioptimasi dengan baik dan bisa pula digunakan untuk membangun personal branding dalam memasarkan produk atau jasa.

Namun justru permainan TikTok yang beredar, kebanyakan menampilkan konten video yang kurang enak dilihat. Sehingga anak-anak pun bisa menikmatinya. Jelas saja hal seperti ini bisa merusak generasi muda kita.

Tak ada yang salah ketika TikTok digunakan sebagai sarana hiburan untuk menghilangkan penat. Justru yang salah adalah saat TikTok ini disalahgunakan untuk hal-hal yang tidak sepantasnya dilakukan. Menampilkan konten-konten yang membuat hati miris melihatnya.

Selain itu, ketergantungan melakukan TikTok, bisa mengubah seseorang keranjingan, hingga terkadang tak bisa mengontrol diri sendiri untuk melakukannya lagi dan lagi.

Hal itu tentu bisa mempengaruhi gangguan syaraf selama masa perkembangan seseorang. Perlu menjadi pertimbangan khusus bagi para orang tua dalam mendampingi anak-anak sebelum hal yang mengkhawatirkan tersebut terjadi.

Karena yang perlu digaris bawahi di sini, maraknya aplikasi yang terkenal di berbagai generasi baik tua mau pun muda ini, sangat menjadi perhatian khususnya bagi para orang tua yang anaknya dibekali gadget dan fasilitas internet yang memadai.

Kita terkadang tak pernah tahu kegiatan yang dilakukan anak-anak di luar sepengatahuan kita. Tren TikTok ini sangat mempengaruhi pergaulan anak-anak bersama teman-temannya, sehingga mereka tergiur menciptakan konten-konten keseruan mereka di aplikasi TikTok.

Kita sebagai orang tua sudah seharusnya mengawasi tontonan dan kegiatan anak-anak yang dibekali gedget dan fasilitas internetnya. Demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan di kemudian hari.

Karena banyak adegan-adegan dalam permainan TikTok yang memperlihatkan tontonan yang kurang pantas, apalagi dilihat oleh anak di bawah umur.

Islam jelas-jelas melarang umatnya mendekati perbuatan-perbuatan yang mengandung kemudaratan dan tidak ada manfaatnya.

Mari kita isi masa muda dengan hal-hal berguna, dan memanfaatkan perkembangan teknologi sebagai sarana untuk menggali informasi positif yang berguna bagi kepentingan masa depan.

rumahmediagrup/bungamonintja

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.