Cinta Luar Biasa

Cinta Luar Biasa

Hmm.., maksudnya apa, nih? Ya, ini seputar bagaimana agar ajakan kita kepada orang lain dapat diikuti. Ya, tentunya mengajak kepada kebaikan. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah bahwa ajakan kita tersebut didasarkan atas cinta kita kepada orang tersebut. Karena cinta, kita tidak ingin yang kita ajak jadi merugi karena belum tergerak melakukan kebaikan sebagaimana yang kita tawarkan. Syukur-syukur ajakan kita yang berdasarkan cinta itu langsung disambut saat itu juga. Namun, apabila belum membuahkan hasil seperti yang diharapkan. Maka perlu melanjutkan pada tahap berikutnya, yakni menanamkan cinta di hati yang bersangkutan kepada kebaikan yang sedang disodorkan.

Apabila di hati sudah tumbuh cinta terhadap kebaikan, maka tak perlu susah-susah dengan berbagai suruhan, ia dengan sendirinya melakukan kebaikan sebagaimana yang kita pinta. Simpel bukan, tapi tentunya tak semudah itu dalam praktiknya.

Bagaimana agar seseorang mencintai suatu kebaikan? Ya, tentunya dengan mengenalkan terlebih dulu kebaikan tersebut kepadanya. Metode atau cara dalam mengenalkan kebaikan beragam, dipilih yang paling menyenangkan baginya selama tidak melanggar ketentuan syariat. Sebagai contoh, ingin membiasakan seseorang rajin membaca  Al-Qur’an dan yang bersangkutan senang membaca buku, maka bisa diberikan buku-buku bacaan tentang Al-Qur-an terlebih dahulu untuk menghiasi hatinya agar cinta terhadap Al-Qur’an. Bila sudah tumbuh cinta, maka dengan sendirinya akan tergerak untuk melakukan.

Sesuatu yang dilakukan dengan keterpaksaan biasanya tanpa disertai motivasi, sehingga apa yang dilakukan sering kali tak berkesinambungan. Berbeda bila seusatu yang dilakukan atas dasar cinta, maka semangat akan terus menyala hingga keistiqamahanpun dapat diraih.

Contoh dakwah Rasulullah adalah teladan terbaik, betapa kasih sayang beliau melimpah terhadap umatnya, tak heran umat pun tersentuh hatinya dan begitu setia dalam mengikuti serta membela perjuangan dakwah beliau, hingga Islam menyebar ke seluruh penjuru dunia sampai ke Indonesia.

Cinta, memang luar biasa!

(rumahmediagrup/wahyudinaufath)

Gambar: pixabay

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.