Life Style

 Life Style

Apa itu life style? Secara sederhanya adalah gaya hidup. Ya, gaya hidup seseorang atau sekelompok orang yang tercermin dalam sikap perbuatannya sehari-hari. Gaya hidup ini sendiri menunjukkan identitas kepribadian orang yang bersangkutan. Gaya hidup memberi informasi tentang siapa diri kita kepada orang lain.

Ngomongin tentang life style atau gaya hidup, hari ini sebagian besar generasi muda kita –dewasa juga- begitu terbius dengan cara atau gaya hidup yang ditampilkan oleh dunia barat. Saking terbiusnya sehingga mengikuti pola hidup tersebut, secara sadar atau sekedar ikut-ikutan. Semua itu di antara penyebabnya adalah derasnya arus informasi yang melanda dunia dan lemahnya iman dalam menghadapi serbuan modernisasi dan globalisasi.

Tak salah sebenarnya mengikuti gaya hidup siapa pun atau budaya dari negara mana pun selama hal itu positif dan tentunya tak menyimpang dari ajaran agama. Namun, yang kita saksikan hari ini –terutama generasi muda- yang menjadi objek tiruan mereka adalah banyak kepada hal-hal yang negatif, peniruan life style yang demikianlah yang menjadi keprihatinan.

Sebut saja misalnya budaya berpacaran, gaya hidup demikian jelas-jelas bukan berasal dari keluhuran budaya kita Indonesia, lebih-lebih ajaran agama. Berikutnya kegandrungan mengikuti berbagai trend busana, perangkat digital serta bermacam produk teknologi lainnya dengan berbagai model dan mereknya, sehingga jauh dari kesan kesederhanaan yang menjadi jati diri kita sebagai orang timur, lebih-lebih petunjuk agama yang mengajarkan perilaku hidup sederhana serta pandai bersyukur.

Sudah saatnya gaya hidup kita sebagai orang timur lebih dijunjung dan diterapkan dengan penuh percaya diri serta penuh kebangaan. Budaya hidup yang selaras dengan falsafah bangsa dan lebih mengedepankan nilai-nilai islami.

(rumahmediagrup/wahyudinaufath)

Gambar: pixabay

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.